Evolusi Laptop ala Transformer Besutan Acer Lebih Tipis

Evolusi Laptop ala Transformer Besutan Acer Lebih Tipis dan Ringan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arief Hidayat
VIVA.co.id - Acer memperbarui laptop convertible-nya yang dinamai Aspire R 14. Laptop 14 inci itu adalah evolusi teranyar dari Aspire R 13.
Manjakan Gamer Indonesia, Acer Hadirkan Predator Series

Aspire R 14 menyerupai robot Transformer. Bentuk atau gayanya dapat diubah-ubah menjadi empat gaya sesuai kebutuhan: gaya laptop klasik dengan layar menghadap ke muka dan papan ketik (keyboard) di bawah, gaya komputer tablet dengan melipat papan ketiknya, gaya tegak menyerupai tenda (tent mode) dengan papan layar dan papan ketik berfungsi serupa kaki, dan gaya berdiri (stand mode) dengan layar dibalik.
Acer Perkenalkan Tiga Produk Berbasis Windows 10

Aspire R 14 yang diperkenalkan dalam sebuah acara peluncuran di Taipei, Taiwan, pada awal pekan ini, berevolusi lebih tipis dan lebih ringan dibanding Aspire R 13. Aspire R 14 setebal 18,5 milimeter, lebih tipis dari Aspire R 13 yang setebal 23,8 milimeter. Beratnya 1,9 kilogram, lebih ringan dari R 13 yang 1,98 kilogram.
Laptop Gahar Acer untuk Game Masuk RI Akhir 2015

Sistem operasi laptop itu pun ditingkatkan, yakni menggunakan Windows 10 sebagai pengganti Windows 8.1 pada Aspire R 13. Dalam sistem operasi baru itu ada Acer Purified.Voice dengan digital-signal processing (DSP) untuk menghilangkan suara di latar dan meningkatkan akurasi suara saat menggunakan Cortana.

Fitur baru lainnya ialah Acer TrueHarmony Plus dengan Dolby Audio untuk kualitas suara lebih baik daripada R 13. Bluelight Shield pada laptop itu dapat mengurangi emisi cahaya biru dari layar.

Aspire R 14 ditanam prosesor Intel Core i7-6500U atau i5-6200U. RAM atau sistem memorinya maksimum 8GB DDR3L. Media penyimpanan menggunakan Solid-state drive (SSD) dengan tiga pilihan kapasitas: 128 GB, 256 GB dan 512 GB.

Untuk kecepatan koneksi, Aspire R 14 menggunakan teknologi wireless MU-MIMO, yang memungkinkan pengunduhan (download) tiga kali lebih cepat, terutama saat jaringan sedang ramai.

"Perangkat Acer Aspire menunjukkan fleksibilitas dari prosesor terbaru Intel," kata Kirk Skaugen, Senior Vice President dan General Manager Client Computing Group Intel, dalam acara pelucuran yang dihadiri VIVA.co.id.

“(Acer Aspire R 14) memanfaatkan kekuatan teknologi Intel, perangkat baru yang tipis, ringan, dan sangat cocok untuk produktivitas dan hiburan di rumah atau di perjalanan,” ujar Kirk menambahkan.

Aspire R14 direncanakan dipasarkan di Indonesia pada akhir tahun 2015. Belum disebukan perkiraan harga jualnya di Tanah Air. Di Amerika Utara laptop ini dibanderol 699 dolar Amerika Serikat atau setara Rp9,3 juta serta di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika senilai 799 euro.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya