Incar Momen Gerhana, XL Resmikan 4G LTE di Belitung

XL Axiata meresmikan jaringan 4G di Belitung
Sumber :
  • VIVA/Agus Tri
VIVA.co.id
XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE
- Manfaatkan momentum Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi Rabu, 9 Maret 2016, XL Axiata langsung meresmikan layanan 4G Long Term Evolution (LTE) di Belitung. Diketahui, Belitung merupakan daerah yang akan dilintasi oleh GMT.

Euforia Gerhana Matahari Total
Presiden Direktur XL Dian Siswarini mengatakan, implementasi 4G LTE ini merupakan cara perusahaannya dalam merespons Belitung sebagai destinasi wisata nasional unggulan. Dalam menyelimuti Belitung dengan 4G LTE dari XL, Dian meresmikannya dengan Bupati Belitung H. Sahani Saleh.
 
Kapan Gerhana Matahari Total Terjadi Lagi di lndonesia?
"Apalagi kali ini Belitung menjadi sorotan dunia karena menjadi salah satu spot terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Total. Kami berharap, dengan layanan internet cepat 4G LTE dari XL, kepopuleran Belitung akan semakin mendunia," ujar Dian dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 8 Maret 2016.

Untuk mendukung layanan jaringan generasi keempat itu di negeri Laskar Pelangi, XL menempatkan 10 Base Transceiver Station (BTS) sebagai langkah awal implementasinya. Disebutkan, wilayah yang sudah terjangkau 4G LTE XL ini meliputi Tanjung Pandan, area Tanjung Binga hingga Tanjung Tinggi, dan Manggar di wilayah Belitung Timur.

"XL telah menyiapkan jaringan 4G LTE sejak satu bulan terakhir agar segera dapat dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan yang datang ke Pulau Belitung," jelas Dian.
 
XL pun menyatakan komitmennya untuk terus mendorong layanannya di Belitung. Operator yang identik warna biru ini mengerahkan petugasnya di Belitung, salah satunya mempermudah penggantian kartu SIM lama dengan kartu SIM 4G.

Selain kemudahan, XL juga menawarkan program menarik dan bermanfaat bagi pelanggan yang telah mengganti kartu SIM lama ke SIM 4G LTE. XL menawarkan bonus kuota internet sebesar 3GB (di jaringan 3G/4G) bagi pelanggan yang sudah meng-upgrade kartunya. 

Menurut Dian, pemilihan Belitung sebagai salah satu daerah prioritas untuk menggelar layanan 4G LTE oleh XL juga atas pertimbangan apresiasi kepada masyarakat setempat. Sejak pertama kali XL hadir di pulau ini sekitar tahun 2004, langsung menjadi pilihan utama masyarakat untuk memenuhi kebutuhan layanan telekomunikasinya.

"Saat ini di Belitung, sekitar 85 persen pengguna layanan seluler menggunakan kartu XL," ucap perempuan berkacamata ini.
 
Belitung telah terlayani oleh layanan XL 3G di hampir semua area. Ada sebanyak lebih dari 120 BTS di seluruh Belitung, dan hampir seluruhnya adalah BTS 3G. Dengan perpaduan layanan data 3G dan 4G LTE dari XL, maka diharapkan para wisatawan makin mempopulerkan keindahan pantai, laut dan batu-batu raksasa di Belitung sebagai salah satu destinasi wisata utama nasional dan internasional melalui momentum GMT.

Jaringan XL siap layani wisatawan
 
Tak hanya Belitung, XL juga akan melayani pelanggannya yang terlintasi GMT, seperti dari Palembang – Sumatera Selatan, Bangka dan Belitung, Palangkaraya dan Sampit – Kalimantan Tengah, Balikpapan – Kalimantan Timur, Palu dan Poso – Sulawesi Tengah. XL mengaku kalau kualitas jaringannya di area-area tersebut cukup baik. Semuanya sudah terlayani dengan 3G, dan bahkan di Palembang dan Belitung sudah terlayani 4G LTE.
 
Untuk beberapa area utama, bahkan XL juga telah melakukan optimasi kekuatan jaringan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Area yang dimaksud seperti lokasi-lokasi yang akan menjadi spot pengamatan GMT, lokasi festival, dan berbagai ragam keramaian lainnya dalam rangka menyambut GMT. 
 
Layanan internet cepat yang baik akan membantu mempopulerkan daerah-daerah tersebut ke masyarakat dunia. Kota-kota besar yang terlintasi GMT telah kedatangan wisatawan dalam dan luar negeri. Pada era serba digital seperti sekarang, peristiwa langka seperti ini dipastikan akan menjadi objek informasi yang akan disebarkan dalam berbagai format, terutama foto dan video. Karena itu, koneksi internet yang cepat dan stabil akan sangat dibutuhkan.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya