Tren Ucapan Natal Kini Tak Lagi Teks Tapi Video Call

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA – Peningkatan trafik data sudah dipastikan akan terjadi sebelum dan sesudah Natal 2017. Tak terkecuali terjadi di jaringan telekomunikasi yang disediakan XL Axiata di Indonesia.

Akhiri Perang Dingin, Menhan AS dan China Lakukan Video Call Setelah Setahun

Menurut pihak XL, peningkatan trafik data terjadi tiga hari sebelum Natal dan dua hari setelahnya.

Selama 5 hari tersebut, trafik data secara rata-rata meningkat lebih dari 5 persen dari hari-hari biasa. Paling tinggi kenaikannya terjadi pada 25 Desember 2017 dengan kenaikan 9 persen.

Momen Prabowo Video Call Wilfrida Soik, PMI yang Dibantu Lolos dari Hukuman Mati

"Dibandingkan periode Natal tahun 2016, trafik layanan data tahun ini melonjak 146 persen. Akses ke layanan data dan video streaming menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut. Dari pemantauan kami, puncak kenaikan trafik data terjadi sejak malam Natal dan sehari setelahnya. Pelanggan terlihat melakukan akses ke media sosial secara lebih intens," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, dalam keterangannya, Rabu, 27 Desember 2017.

Perilaku ini, kata Yessie, menunjukkan bahwa selain secara verbal tertulis, pengguna juga mengucapkan Natal dengan melakukan video call.

Para Nelayan Kunjungi Kediaman Prabowo, Ramai-ramai Video Call Keluarga di Rumah

Yessie mengklaim, layanan video call di jaringannya semakin bisa dinikmati karena banyaknya daerah yang sudah diselimuti 4G LTE XL Axiata.

”Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform naik sebesar 15 persen," katanya.

Dari ragam media sosial itu, pengguna tak hanya mengakses informasi berita, menyampaikan pesan pribadi, chatting, tapi juga belanja.

Di sisi lain, kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand antara lain iflix.

"Kenaikan trafik tertinggi adalah Yogyakarta, menyumbang kenaikan tertinggi dengan 24 persen. Untuk wilayah dengan komunitas pemeluk Nasrani lebih banyak seperti Sumatera Utara dan Sulawesi, kenaikan masing-masing mencapai 19 persen dan 7 persen," papar Yessie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya