Stop Sebar Teror di Medsos, Yuk Kampanye #BersatuIndonesiaku

Deklarasi anti hoax.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Ketua Indonesia Digital Associantion (IDA), Ronny W Sugiadha, meminta semua pihak untuk memerangi paham radikal dan terorisme di media sosial dengan mengampanyekan #BersatuIndonesiaku.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Menurut Ronny, langkah dilakukan agar warga lebih bijak menggunakan media sosial dengan pesan persatuan Indonesia dan semangat keberagaman Bhinneka Tunggal Ika.

"Media mainstream dan media sosial kini tengah dihadapkan dengan penyebaran pesan hoax yang terstruktur dan meluas. Masyarakat perlu menghadapi fenomena ini dengan pesan yang positif, berlandaskan spirit Bhinneka Tunggal Ika dari Indonesia," ujar Ronny dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA, Selasa, 15 Mei 2018.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

Ronny menjelaskan, tujuan kampanye #BersatuIndonesiaku juga memberikan pendidikan kepada masyarakat untuk lebih peka terhadap semua isu di media sosial. "Khususnya dalam isu radikalisme dan terorisme," kata dia.

IDA mengimbau masyarakat pengguna sosial untuk tidak ikut mem-follow, like atau comment dengan akun yang tidak jelas kepemilikannya, tidak menyebarkan berita yang tidak bisa divalidasi, melaporkan akun yang secara jelas berpihak pada terorisme dan menyebarkan konten positif mengenai Indonesia dan keberagaman.

Munarman Tertawakan Tuntutan 8 Tahun Penjara: Kurang Serius

"Kami sebagai pelaku industri digital Indonesia ingin masyarakat semakin bijak dalam mencari dan menyebarkan informasi di berbagai kanal online, guna meredam suara radikalisme dan terorisme di Tanah Air dan dunia," ucap CEO KLY, Steve Christian.

Seperti diketahui, IDA membawahi publisher digital besar di Indonesia seperti Kompas.com, KASKUS, Tribunnews, Detik.com, Kapanlagi, Youniverse, MetroTVNews, Okezone, IDNtimes, DailySocial.id, Kumparan, VIVA, Tempo.co, Tirto.id, Opini.id dan publisher digital lainnya. (ase)

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023