Tombol Darurat Grab Tak Terkoneksi ke Polisi, Ini Alasannya

sorot ojek online - transportasi online - ojek grab
Sumber :
  • REUTERS/Iqro Rinaldi

VIVA – Grab telah meluncurkan fitur keamanan, berupa tombol darurat untuk pengguna. Sayangnya, fitur ini belum terkoneksi langsung dengan kepolisian atau nomor layanan darurat 112. 

Viral Perkelahian Ojol di Medan, Grab: Bukan Gara-gara Berebut Baterai Motor Listrik

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menyatakan, salah satu alasan fitur darurat itu belum terkoneksi lantaran belum bekerja sama dengan polisi. Dia menduga, kemungkinan ada kenaikan trafik pada masing-masing instansi tersebut. Ridzki mengatakan, ada potensi pengguna bermain-main dengan emergency button tersebut.

"Jadi pertama soal main-main itu. Kenapa kami belum bisa meluncurkan kepada kepolisian atau 112. Dikhawatirkan trafiknya tinggi untuk main-main," ujarnya di Kantor Grab, Jakarta, Senin, 21 Mei 2018. 

Terancam Diboikot karena Dituduh Dukung Israel, Grab Bantah dan Donasi Rp3,5 M ke Gaza

Ia menuturkan, alasan lainnya yakni masalah kesepakatan integrasi dengan instansi penegak hukum. Grab mengakui kesepakatan dengan kepolisian butuh waktu, sehingga Grab memilih mengintegrasikan fitur dengan tiga kontak yang dipilih penumpang. 

Namun ia mengharapkan, dengan adanya tiga kontak dihubungi secara otomatis, akan menurunkan tingkat potensi bermain-main dengan fitur tombol darurat. 

Presiden Grab Indonesia Didapuk sebagai Dewan Komisaris

Saat penumpang mendaftarkan tiga kontak tersebut, maka tiga kontak yang dimaksud akan menerima notifikasi mereka dipilih sebagai kontak darurat. 

"Sekarang kalau tiga nomornya tingkat main-main sangat rendah. Karena kan sebelumnya sudah diverifikasi juga. Buat apa main-main juga kepada tiga orang yang dipercaya," jelasnya.

sorot ojek online - transportasi online - ojek grab

Tombol darurat Grab itu akan muncul di bagian atas maps pada aplikasi saat penumpang melakukan perjalanan. Jika penumpang merasa terancam, bisa langsung menekan tombol tersebut dan tiga kontak yang didaftarkan akan langsung menerima pesan. 

Dalam fitur tersebut, juga terdapat pengiriman pesan otomatis kepada tiga kontak saat penumpang melakukan perjalanan di luar pola yang biasanya. 

Dalam keadaan bahaya, tiga kontak yang dipilih penumpang akan mendapatkan notifikasi termasuk lokasi terkini penumpang tersebut. Fitur darurat itu juga terdapat opsi permintaan untuk mengontak penumpang atau polisi setempat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya