Mengapa Flash Sale Tokopedia Tutup Sebelum Waktunya?

Marketplace Tokopedia merayakan ulang tahunnya yang ke-7.
Sumber :
  • Tokopedia

VIVA – Deta, seorang pekerja di kawasan Pulogadung merasa kecewa dengan promo Ramadan Ekstra di Tokopedia. Dia mengaku tertarik dengan promo serba 25.000 dalam format flash sale atau penjualan cepat. Tapi apa daya, dia mengeluh karena program tersebut ditutup sebelum waktunya berakhir.

Kisah Inspiratif Anita Hartono, Sukses Mendirikan Brand Lokal Mambucha

"Iya, 20 menit sebelum waktunya, tahu-tahu sudah hilang tuh Flash Sale-nya. Kalau rebutannya sih gak masalah, ya. Cuma waktu Flash Sale tahu-tahu habis, itu yang bikin gue hampir mau batal puasa makan pisang goreng," kata pria berkepala botak itu, kepada Viva, Jumat, 25 Mei 2018.

Deta tidak sendirian, rupanya ada beberapa warganet juga yang merasakan hal serupa. Mereka malah menganggap Tokopedia telah memberikan harapan palsu (PHP).

Ini 5 Kota dengan Kenaikan Pelaku Usaha Perempuan Tertinggi

Menanggapi hal ini, Siti Fauziah, Senior Communications Lead Tokopedia, mengatakan jika produk yang dijual dalam Flash Sale memang terbatas. Namun Siti enggan menyebut berapa produk yang dijual dalam flash sale tersebut. Dia hanya menyebut ada yang puluhan, ada yang ratusan dan ada yang ribuan. 

"Nah, begitu habis semuanya, akan diumumkan jam flash sale berikutnya. Jadi bukan ditutup sebelum waktunya, tetapi kalau sudah habis memang tidak ada yang bisa dibeli jadi diinformasikan jam dan item flash sale berikutnya.," kata dia saat dihubungi Viva.co.id hari ini, Jumat, 25 Mei 2018.

Tokopedia dan Tiktok Latih UMKM Raup Cuan dari E-Commerce

Dikatakannya, Ramadan Ekstra Tokopedia sebenarnya bukan hanya tentang Flash Sale serba 25 ribu. Pasalnya, Flash Sale sifatnya siapa cepat dia dapat, sampai jutaan orang yang rebutan, tapi ada juga program shake-shake penuh kejutan. 

"Di program itu, di jam-jam tertentu, dengan shake-shake aplikasi Tokopedia, pengguna berkesempatan mendapatkan kupon-kupon kejutan, termasuk diskon 99%. Bahkan beli Yaris hanya seharga Rp2 juta, sampai iPhone X seharga Rp150 ribu. Nah, untuk yang ini, yang beruntung kami umumkan berkala di sosial media.
 Selain itu ada juga promo cashback 10 persen hingga 150 ribu untuk semua jenis barang, promo ini tanpa diundi dan tanpa rebutan, jadi semua bisa kebagian," kata Siti.

Tokopedia-TikTok latih UMKM go online.

Beda Penafsiran Permendag 31/2023 Jangan Bikin Rezeki UMKM Seret, Ini Penjelasannya

Polemik beda penafsiran terkait Permendag tersebut ditegaskan sangat merugikan para pelaku UMKM yang banyak menggunakan media sosial dalam menjual produk mereka.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024