Kornea Manusia Berhasil Diciptakan, Cukup Pakai Printer 3D

Printer 3D.
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino

VIVA – Tim peneliti dari Universitas Newcastle, Inggris, berhasil menghasilkan kornea manusia menggunakan printer tiga dimensi atau 3D. Dengan printer tersebut maka sebuah kornea buatan bisa dicetak kurang dari 10 menit.

Dicetak Pakai Printer, Motor Ini Bisa Dikendarai

Cetakan ini berasal dari gabungan sel induk, kolagen, dan asam alginat. Menurut Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Newcastle, Che Connon, gabungan gel ini membuat sel-sel induk tetap hidup.

"Sementara, material yang diproduksi sudah cukup kaku untuk tetap bertahan pada bentuknya. Tapi cukup lunak untuk keluar dari printer 3D," kata dia dilansir dari situs Express, Sabtu 2 Juni 2018.

Suku Cadang Mobil Ini Dicetak dari Printer 3D

Saat ini, Connon bersama para peneliti telah menyiapkan penggunaan bio-ink yang mengandung sel induk. Dengan begitu, pengguna bisa mencetak jaringan tanpa khawatir menumbuhkannya dengan sel terpisah.

Ia juga menyebutkan bahwa penelitiannya ini harus menjalani pengujian lebih lanjut lagi. Sekitar 10 juta orang di seluruh dunia membutuhkan operasi kornea.

Sulitnya Mencari Kornea Donor di Indonesia

Namun, saat ini operasi tersebut hanya bisa dijalankan dengan transplantasi yang jumlahnya tidak banyak. Dengan hasil artificial cornea atau kornea buatan pertama yang ada di dunia ini bisa menjawab kesulitan atas kurangnya jumlah kornea tersebut.

Hasil cetakan 3D printer

Hore! Indonesia Akan Punya Pabrik 3D Printer Pertama

Didirikan oleh Inspira Academy

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2019