Mudik Lebaran, Pengguna Media Sosial Meningkat Tajam

Telkomsel perkuat jaringan.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Layanan Telkomsel mengalami peningkatan pada H-1 Lebaran. Peningkatan tersebut menjadi 12,89 petabyte atau meningkat sebanyak 22,3 persen dari hari biasa. 

Jajaran Direksi Baru Telkomsel, Muka Lama Posisi Baru

Media sosial menjadi faktor utama tingginya penggunaan layanan Telkomsel, diikuti dengan video streaming dan penggunaan layanan pesan instan. Dibanding tahun lalu, tahun ini kenaikan trafik mencapai 109 persen. 

Peningkatan tersebut terjadi di beberapa titik arus mudik, seperti Alun-alun Limbangan Garut, Stasiun Bandung, Pasar Turi Baru Surabaya, Gerbang Tol Ciledug Tangerang, dan Terminal Leuwipanjang Bandung. Di beberapa kota wisata juga turut mengalami kenaikan, seperti Batu Karas Pangandaran, Ciwidey Bandung, Lembang Bandung, Kota Bunga Puncak, dan Pantai Santolo Garut.

Beda Layanan Volte Milik Telkomsel dengan Voice Calling WhatsApp?

Adapun daerah-daerah yang mengalami lonjakan pengguna, seperti wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, serta Bali dan Nusa Tenggara. Peningkatan yang dialami Telkomsel pada daerah tersebut mencapai 40,5 persen dibanding hari biasa. Wilayah tersebut merupakan wilayah penggunaan layanan Telkomsel terbanyak se-Indonesia karena tembus di angka 3,77 petabyte.

BTS Telkomsel di Anambas 

Seberapa Jago Kamu Jualan Kolak?

Layanan Telkomsel tidak hanya digunakan untuk momen Hari Raya saja, namun juga menjadi ajang streaming Piala Dunia. Ada beberapa masyarakat yabg melakukan live streaming Piala Dunia 2018 melalui perangkatnya. Angka video streaming mencapai 31,3 persen. Untuk pesan instan mencapai 14,1 persen. 

“Kami bersyukur dapat melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran. Kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran,” ujar Direktur Network, Bob Apriawan dalam keterangannya, Senin 18 Juni 2018.

Tidak semua layanan Telkomsel mengalami peningkatan, layanan telepon dan pesan singkat (SMS)  malah mengalami penurunan dibanding hari biasa. Layanan telepon mengalami penurunan sebanyak 9,8 persen menjadi sekitar 1,29 miliar menit. Sedangkan SMS mengalami penurunan sebesar 2,1 persen. 

Faktor utama lonjakan pelanggan terjadi karena media sosial yang banyak digunakan masyarakat. YouTube menempati posisi pertama dengan jumlah 24,2 persen, diikuti Instagram (19,3 persen) dan terakhir Facebook (13,3 persen).

Jejaring sosial media.

Pemudik yang menggunakan Telkomsel paling banyak berada di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dengan 3,06 juta pelanggan, Jawa Barat (1,72 juta pelanggan), dan Jawa Timur (1,32 juta pelanggan). 

Untuk memberikan layanan yang terbaik, Telkomsel telah melakukan perbaikan layanan dari jauh-jauh hari. Sehingga mereka siap menghadapi periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018. 

Adapun beberapa hal yang sudah mereka lakukan, seperti perluasan cakupan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas jaringan, terutama di 772 titik strategis, yang terdiri dari 295 titik jalur mudik dan 477 titik lokasi wisata. 

Kesiapan infrastruktur juga turut dilakukan Telkomsel, seperti membangun 12 ribu BTS multiband LTE, penambahan kapasitas pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet menjadi 3.288 Gbps, menambah kapasitas sistem IT, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya