Planet 'Saudara' Bumi Kini Layak Huni

Ilustrasi planet Proxima b
Sumber :
  • www.businessinsider.co.id/Planetary Habitability Laboratory/University of Puerto Rico at Arecibo

VIVA – Kabar gembira muncul dari planet 'saudara' Bumi, Proxima Centauri b. Penelitian terbaru dari Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menunjukkan Proxima Centauri b punya cukup air untuk mendukung kehidupan. 

James Webb Diberi Tugas Cari Planet Layak Huni

Temuan ini mematahkan keraguan selama ini, planet yang berukuran 1,3 kali massa Bumi itu tak mendukung kehidupan dan tak layak huni. Temuan itu dilakukan dalam riset tim peneliti yang dipimpin Anthony Del Genio, ilmuwan planet dari Goddard Space Flight Center NASA, Universitas Columbia Amerika Serikat dan perusahaan teknologi Trinnovim. 

Dalam riset tersebut, tim menggunakan pemodelan komputer yang mirip dipakai untuk mempelajari perubahan iklim di Bumi. 

Planet Layak Huni Selain Bumi Ditemukan Hanya dalam 5 Jam

Pada pemodelan yang dilakukan, tim peneliti mensimulasikan berbagai atmosfer ke Proxima Centauri b tersebut. Mulai dari atmosfer bumi yang didominasi dengan nitrogen dan sejumlah kecil CO2 atau karbon dioksida, sampai atmosfer Mars yang sepenuhnya berisi CO2. 

Pemodelan juga mempertimbangkan potensi atmosfer Proxima Centauri b bisa lebih tebal atau tipis dibanding atmosfer Bumi. Termasuk juga, lautan Proxima Centauri b lebih atau kurang asin, serta apakah lautan mencakup semua wilayah planet tersebut. 

Mengunjungi 'Saudara' Bumi

"Kami menemukan arus laut membawa air hangat dari sisi siang ke sisi malam, menjaga bagian di sisi malam menjadi layak huni meskipun tak pernah terpapar cahaya," jelas Del Genio. 

Sisi siang merupakan sisi planet yang menghadap pada bintang induknya. Sedangkan sisi malam merupakan sisi planet yang sebaliknya. 

Dia menuturkan, Proxima Centauri b lautnya sangat asin, maka hampir seluruh planet bisa ditutupi cairan, tapi dengan suhu di bawah titik beku. 

Dari berbagai simulasi pemodelan tersebut, peneliti berkesimpulan Proxima Centauri b bisa mempertahankan sejumlah besar air cair di permukaannya. Dengan demikian, berpotensi meningkatkan prospek untuk dihuni organisme. 

"Pesan utama dari simulasi kami adalah ada kemungkinan besar planet ini layak huni," jelasnya. 

Proxima Centauri b ditemukan pada Agustus 2016. Planet ini mengelilingi bintang induknya, Proxima Centauri yang jaraknya 'cuma' 4,22 tahun cahaya dari Bumi. Proxima Centauri b ukurannya 1,3 kali dari ukuran Bumi dan mengorbit pada jarak 7,5 juta kilometer. Dengan profi tersebut, Proxima Centauri b disebut sebagai planet ‘saudara’ Bumi.

Tim astronom dua tahun lalu mengatakan Proxima Centauri b berada pada jarak yang optimal dari Proxima Centauri dalam mendukung kehidupan asing. Sebab, jarak tersebut, tak terlalu jauh untuk membuat air beku atau terlalu dekat untuk membuat air mendidih. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya