Bekraf Habibie Festival 2018 Digelar, Ajak Budayakan Teknologi

Bekraf Habibie Festival
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Novina

VIVA – Untuk kali ketiganya, Bekraf Habibie Festival kembali diselenggarakan di Jakarta. Mulai hari ini, Kamis, 20 September 2018, hingga 4 hari ke depan, acara ini akan berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Mobil SUV Edisi Terbatas Ini Dijual Seharga Fortuner

Pada gelaran tahun ini, jumlah peserta mengalami lonjakan dari masa-masa sebelumnya. Di tahun 2017, total peserta sebanyak 150 orang, dan hanya 30 saja pada tahun 2016.

"Tahun ini 240 sekian pesertanya. Peserta naik, tema-tema yang di festival bertambah," kata Co Founder Bekraf Habibie Festival, Sachin Gopalan, di pembukaan Bekraf Habibie Festival, hari ini.

7 Paten Didapatkan Roket Buatan Indonesia, Desain hingga Teknologi Canggih

Sederet tema ditampilkan oleh para peserta, antara lain; transportasi, ekonomi kreatif, properti, dan inovasi teknologi. Pihak penyelenggara sendiri juga terus berupaya untuk mengembangkan tema.

Sachin menegaskan, berkembangnya tema karena adanya kebutuhan akan teknologi itu sendiri. Latar belakang ini pula yang mendasari pengambilan tagline acara 'Membudayakan Teknologi'.

Mengenal Roket RHan-122B Buatan Indonesia yang Kantongi Deretan Paten

"Itu spirit untuk membudayakan teknologi. Semua merasa itu penting dan merasa bagian dari mereka," kata Sachin.

Membudayakan teknologi dimaksudkan teknologi bisa digunakan dalam segala industri. Perubahan ini juga menjadi catatan sendiri bagi Bekraf. Dulu hanya berfokus pada teknologi, namun sekarang ditambahkan dengan unsur seni.

"Tidak bisa menghadirkan teknologi tanpa sentuhan seni," kata Deputi Infrastruktur, Hery Sangkuri.

Bekraf Habibie Festival juga menghadirkan stand yang menampilkan teknologi, seperti robotic, drone, VR. Ada pula fintech, bazar, serta kuliner.

"Peserta bisa memamerkan teknologi terbaru, Karena kami banyak sektor tidak sama dengan 10 tahun lalu," kata Sachin.

Tak hanya di Jakarta, Bekraf Habibie Festival juga diadakan di Batam dan Solo. Sedangkan bulan depan di Bandung, Surabaya, Makassar, serta Medan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya