Hati-hati, Instagram dan Spotify Kamu Bisa Terancam Gara-gara Facebook

Logo Instagram
Sumber :
  • Instagram/@xemmaaaaa.artx

VIVA – Facebook mengonfirmasi dampak keamanan bisa meluas atas penggunaan platform tersebut. Perusahaan media sosial raksasa itu mengungkapkan aplikasi yang menggunakan login melalui Facebook terancam kena kerentanan Keamanan. Risiko keamanan ini muncul setelah Facebook mengakui 50 juta penggunanya mengalami masalah keamanan. 

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Dilansir dari laman Tech Spot, Senin 1 Oktober 2018, aplikasi yang memiliki kerentanan itu antara lain adalah Spotify, Tinder, Airbnb sampai Instagram. 

Akun Facebook selama ini dipakai banyak pengguna untuk login pada aplikasi atau situs web lainnya. 

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Pekan lalu, Facebook mengonfirmasi adanya masalah keamanan mereka terkait fitur View As. Sekitar 50 juta penggunanya dikabarkan menjadi korban. 

View As memungkinkan pengguna bisa melihat profil Facebooknya, seperti orang lain melihatnya. 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Masalah ini membuat peretas bisa mengambil alih akun para korbannya. Langkah awal Facebook setelah masalah itu ditemukan adalah membuat 90 juta penggunanya untuk log out

Perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu mengumumkan, tidak ada bukti pelaku peretasan memiliki akses masuk ke pesan privat atau postingan pengguna. Namun hasil penyelidikan itu masih bersifat sementara, Facebook mengingatkan hasil investigasi bisa berubah seiring investigasi berlanjut. 

Sejauh ini, belum diketahui pihak yang bertanggung jawab atas kasus tersebut. Selain itu, Facebook juga harus menghadapi Class Action dari dua orang asal Amerika. Mereka menuduh media sosial itu kurang menjaga keamanan penggunanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya