Telkomsel dan Angkasa Pura II Jalin Kerja Sama Digitalisasi Bandara

Kerja sama Telkomsel dan Angkasa Pura II.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA – Operator telekomunikasi Telkomsel menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Angkasa Pura II (Persero) untuk mengimplementasikan program Airport Community and Integrated Digital Airport di lingkungan bandara Angkasa Pura II.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Kerja sama tersebut berupa pemanfaatan layanan produk telekomunikasi dan pembayaran berbasis digital (e-payment) yang meliputi layanan paket data dan e-payment system di lingkungan bandara Angkasa Pura II.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, pihaknya juga memberikan layanan Telkomsel myBusiness Solution untuk mendorong terwujudnya integrated airport di bandara Angkasa Pura II.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

"Kerja sama ini sejalan dengan misi kami untuk membangun ekosistem digital Indonesia dengan platform Device, Network dan Application (DNA)," kata Ririek, dalam keterangannya, Kamis, 11 Oktober 2018.

Ia melanjutkan layanan yang akan segara didigitalkan antara lain adalah e-payment system dengan TCash dan e-parking. Dalam waktu dekat e-parking akan dilakukan uji coba perdana untuk parkir sepeda motor.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

"Ditambah lagi teknologi Internet of Things (IoT) dari kami akan sangat membantu bisnis proses dalam segala bidang di lingkungan bandara. Untuk itu kami sangat senang dapat mendukung pengembangan smart airport ini,” jelas Ririek.

Bukan hanya itu saja. Tahapan awal dari kerja sama ini antara lain penjualan paket data Telkomsel.

Dalam seminggu ke depan akan dibangun booth Telkomsel di kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD) di pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta yang akan menjual produk-produk Telkomsel.

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, menambahkan pihaknya berterimakasih kepada Telkomsel atas kerja sama yang kembali terjalin. Menurutnya, kerja sama ini akan menjadi payung besar dalam fokus pengembangan bisnis digital airport dan airport community.

"Pengembangan bisnis ini menggunakan layanan Telkomsel di lingkungan bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura II. Kami optimis kerja sama dengan Telkomsel akan memberikan pertumbuhan dan percepatan layanan di bandara," ungkap Awaluddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya