Lihat Komet dengan Mata Telanjang Akhir Pekan Ini

Komet Wirtanen/46P
Sumber :
  • ESAC Astronomy Club

VIVA – Masih ingat komet Wirtanen (46P) yang dikabarkan mendekati Bumi pada Desember ini? Berita terbaru tentang Wirtanen adalah, kemungkinan ia akan cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang akhir pekan ini.

Apakah di Luar Angkasa Ada Bau?

Mengutip dari BGR, 15 November 2018, jarak terdekat Wirtanen dengan Bumi yaitu 11,7 km. Ia juga dijuluki komet Natal karena waktu kemunculannya dekat dengan hari raya umat Kristiani.

46P akan mencapai titik terdekat ke Bumi hanya beberapa hari setelah perihelion - titik di orbit komet yang paling dekat dengan Matahari. Gambar di bawah ini menunjukkan Wirtanen terlihat oleh Faulkes Telescope North di Hawaii pada 9 Desember 2018.

7 Peristiwa Mengerikan Ini Nyaris Bikin Dunia Kiamat, dari Nuklir hingga Erupsi Tambora

Menurut ilmuwan, Wirtanen diperkirakan akan mencapai magnitude 3, yang akan membuatnya mudah dikenali menggunakan teleskop atau teropong, dan bahkan bisa membuatnya terlihat dengan mata telanjang.

Fenomena Alam di 2024, Komet Raksasa Siap Menyapa

Jika terlihat pada 16 Desember, komet akan muncul di sekitar gugus bintang Pleiades, yang juga dikenal sebagai Seven Sisters. Kemungkinan wujudnya akan cukup samar jika dengan mata telanjang, dekat dengan rasi Orion di langit malam.

Komet akan bergerak relatif cepat di langit. Karena itu, siapa pun yang berharap gambar 46P menggunakan lensa telefoto, harus memilih waktu pencahayaan yang lebih pendek sekitar 10 detik. (mus)

Exoplanet WASP 69b.

Planet Ini Punya Ekor Panjang karena Tertiup Angin Matahari

Sebuah planet mirip komet di luar tata surya kita kehilangan lebih banyak atmosfer di bagian ekornya yang sangat luas daripada yang diperkirakan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024