Komet Berukuran 3 Kali Lipat dari Gunung Everest Menuju Bumi

Komet Leonard.
Sumber :
  • Dok: NASA

Jakarta – Asteroid atau komet berukuran tiga kali lipat dari Gunung Everest meledak untuk kedua kalinya di luar angkasa pada 5 Oktober lalu dan akan meluncur menuju bumi.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Dilansir VIVA Tekno dari Ndtv, Sabtu 21 Oktober 2023, komet tersebut diberi nama 12P/Pons-Brooks atau komet Kriovolkanik. Selain itu komet tersebut memiliki diameter sangat besar yaitu 18,6 mil.

Kapan Bumi Kiamat?

Benda luar angkasa / satelit / asteroid / komet.

Photo :
  • Dailyhunt

Selain selaitu juga, komet tersebut telah meledak kedua kali dalam empat bulan terakhir, setelah ledakan sebelumnya terjadi pada bulan Juli.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Pada pekan lalu, NASA telah memberikan gambaran kepada publik tentang apa yang ditemukan pada ilmuwan ketika mendarat di bumi. Mereka berhasil membawa sampel tanah kaya karbon yang diambil dari komen Kriovolkanik.

Banyak ilmuwan yang memperkirakan bahwa komet Kriovolkanik akan berada di titik terdekat dengan bumi pada bulan April 2024 mendatang, namun diperkirakan akan mencapai magnitudo +4 sehingga dapat terlihat dengan mata telanjang pada bulan Mei dan Juni 2024 juga.

Setelah mencapai titik terdekat dengan bumi, komet tersebut akan kembali ke luar angkasa dan fenomena tersebut akan bisa dilihat lagi pada tahun 2095 mendatang.

Komet.

Photo :
  • Newsweek

Namun beberapa ilmuwan astronomi dan NASA akan terus memantau komet tersebut. Hal itu bertujuan supaya tidak menghantam bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya