Terjadi Perbedaan Mencairnya Lapisan Es di Antartika dan Greenland

Dataran Tinggi Antartika Timur.
Sumber :
  • Wayne/Adobe

VIVA Tekno – Menurut para peneliti di University of California, Irvine dan Utrecht University di Belanda menyebut bahwa permukaan es di Greenland telah mencair dengan kecepatan yang meningkat dalam beberapa dekade terakhir, sementara tren di Antartika bergerak ke arah yang berlawanan.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Dilansir dari UCI News, Jumat, 20 Oktober 2023,  di dalam jurnal American Geophysical Union Geophysical Research Letters, para ilmuwan mempelajari peran angin Foehn dan angin katabatic, hembusan lereng yang membawa udara hangat dan kering yang bersentuhan dengan bagian atas gletser.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Sungai Gelap di Greenland.

Photo :
  • Science Market News

Mereka mengatakan bahwa pencairan lapisan es Greenland yang terkait dengan angin ini telah meningkat lebih dari 10 persen dalam 20 tahun terakhir; dampak angin terhadap lapisan es Antartika telah menurun 32 persen.

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

"Kami menggunakan simulasi model iklim regional untuk mempelajari lapisan es di Greenland dan Antartika, dan hasilnya menunjukkan bahwa angin dari lereng bertanggung jawab atas pencairan permukaan lapisan es yang cukup signifikan di kedua wilayah tersebut," kata salah satu penulis, Charlie Zender, profesor ilmu sistem bumi di UCI.

"Pencairan permukaan menyebabkan limpasan dan hidrofraktur lapisan es yang meningkatkan aliran air tawar ke lautan - menyebabkan kenaikan permukaan laut."

Meskipun dampak angin cukup besar, katanya, perilaku pemanasan global yang berbeda di belahan bumi Utara dan Selatan menyebabkan hasil yang kontras di wilayah tersebut.

Antartika.

Photo :
  • The Atlantic

Di Greenland, pencairan permukaan yang didorong oleh angin diperparah oleh pulau besar yang "menjadi sangat hangat sehingga sinar matahari saja (tanpa angin) sudah cukup untuk mencairkannya," menurut Zender.

Pertumbuhan 10 persen pencairan yang didorong oleh angin yang dikombinasikan dengan suhu udara permukaan yang lebih hangat telah menghasilkan peningkatan 34 persen dalam total pencairan es permukaan.

Dia mengaitkan hasil ini sebagian dengan pengaruh pemanasan global terhadap Osilasi Atlantik Utara, sebuah indeks perbedaan tekanan permukaan laut. Pergeseran NAO ke fase positif telah menyebabkan tekanan di bawah normal di seluruh lintang tinggi, mengantarkan udara hangat di atas Greenland dan daerah Arktik lainnya.

Para penulis menemukan bahwa, berbeda dengan Greenland, total pencairan permukaan Antartika telah menurun sekitar 15 persen sejak tahun 2000.

Greenland.

Photo :
  • http://penghuni60sains.blogspot.com/

Kabar buruknya, penurunan ini sebagian besar disebabkan oleh 32 persen lebih sedikitnya pencairan yang disebabkan oleh angin di Semenanjung Antartika, di mana dua lapisan es yang rentan telah runtuh.

Zender mengatakan bahwa beruntung lubang ozon stratosfer Antartika yang ditemukan pada tahun 1980-an terus pulih, yang untuk sementara waktu membantu melindungi permukaan dari pencairan lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya