Planet Ceres Punya Air, Calon Dihuni Manusia

Planet Kerdil Ceres.
Sumber :
  • NBC News

JakartaPlanet Ceres terbilang tempat sangat misterius. Kini, para Ilmuwan bersama NASA berencana akan mencari tempat kehidupan untuk masa depan manusia di planet tersebut.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Dilansir Space, Jumat 20 Oktober 2023, para ilmuwan bersama NASA telah mempelajari data yang dikirim oleh satelit angkasa Dawn pada 2017.

Awalnya, menemukan senyawa organik yang dikenal sebagai molekul alifatik di dekat kawah tumbukan selebar 32 mil di Planet Ceres.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Exoplanet Mini Neptunus Gliese 1214b.

Photo :
  • NASA
NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

"Kami menemukan bahwa bahan organik mungkin lebih tersebar luas dibandingkan yang pertama kali dilaporkan dan tampaknya bahan tersebut lebih tahan terhadap dampak kondisi seperti Planet Ceres," Juan Rizos, ahli astrofísica di Instituto de Astrofisica de Andalucia di Spanyol.

Juan Rizos beserta rekannya telah melakukan serangkaian eksperimen, dalam penemuannya ia menunjukkan korelasi yang baik.

"Meskipun asal usul bahan organik masih kurang dipahami, kami sekarang memiliki bukti kuat bahwa bahan organik tersebut terbentuk di Planet Ceres dan kemungkinan besar terjadi karena adanya air," ungkap Rizos.

Ada kemungkinan bahwa reservoir besar bahan organik dapat ditemukan di dalam Planet Ceres. Jadi, dari sudut pandang saya, hasil tersebut meningkatkan potensi astrobiologis Ceres" lanjutnya.

Planet-planet di Tata Surya.

Photo :
  • Vito Technology

Survei yang dilakukan pada tahun ini melaporkan dalam satu dekade ke depan menurut ilmu planet dan astrobiologi, menetapkan Planet Ceres sebagai prioritas tinggi untuk bahan penelitian selanjutnya yang dilakukan NASA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya