Apakah di Luar Angkasa Ada Bau?

Ilustrasi sampah luar angkasa yang mengorbit Bumi.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Para astronot telah mendeskripsikan beberapa aroma yang tidak biasa di luar angkasa, yang tidak mengherankan mengingat kimiawi di sana jauh berbeda dengan yang ada di Bumi.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Jadi, seperti apa aroma ruang angkasa, dan apa sumber kosmik dari bau-bauan ini? Dilansir dari Space, Jumat, 12 Januari 2024, Ruang angkasa adalah ruang hampa udara, jadi secara teknis, Anda tidak bisa mencium bau apa pun di ruang angkasa - jika Anda mencobanya, Anda akan mati. Namun, ruang angkasa bukanlah ruang hampa udara.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Astronot di luar angkasa.

Photo :
  • Instagram @nasa

Ruang angkasa penuh dengan berbagai macam molekul, yang beberapa di antaranya memiliki bau yang kuat ketika kita menciumnya di Bumi. Mempelajari seperti apa bau di berbagai bagian ruang angkasa merupakan cara yang sangat keren untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kimia kosmik.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Apa yang dicium oleh para astronot?

Selama pendaratan Apollo di bulan, para astronot sering mengomentari bau seperti mesiu setelah mereka kembali ke airlock, memasuki batas pendarat bulan, dan melepas helm mereka. Demikian pula, setelah berjalan di luar angkasa, para astronot yang kembali ke Stasiun Luar Angkasa Internasional melaporkan bau mesiu, serta ozon dan steak yang gosong.

Jadi apa yang terjadi? Dari mana bau itu berasal?

Para ilmuwan memiliki dua teori yang bagus. Salah satunya adalah, ketika seorang astronot sedang berjalan-jalan di luar angkasa, atom oksigen tunggal dapat menempel pada pakaian antariksa mereka, dan ketika mereka masuk kembali ke dalam airlock dan menekannya, molekul oksigen - O2, atau dua atom oksigen - masuk ke dalam airlock dan bergabung dengan atom oksigen tunggal membentuk ozon, atau O3. Hal ini akan menjelaskan bau asam dan logam.

Lalu, bagaimana dengan bau lainnya? Mungkin ada hal lain yang terjadi. Hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), yang ditemukan pada makanan hangus seperti roti bakar dan daging panggang, juga ditemukan secara rutin di luar angkasa.

Gambar luar angkasa yang diambil Teleskop Antariksa Milik James Webb (JWST)

Photo :
  • penisslayer24

Bahkan, sebagian besar karbon antarbintang terkunci dalam bentuk PAH. PAH juga berlimpah di tata surya, sehingga dapat dengan mudah diambil oleh astronot dan dibawa ke dalam stasiun luar angkasa atau kapsul luar angkasa - dan mereka mungkin merupakan sumber bau daging gosong yang dilaporkan para astronot.

Memang, NASA memperlakukan bau ruang angkasa lebih dari sekadar rasa ingin tahu. Pada tahun 2008, badan ini menugaskan Steven Pearce - seorang ahli kimia di Omega Ingredients, yang berspesialisasi dalam wewangian dan rasa - untuk merekonstruksi bau ruang angkasa bagi para astronot dalam pelatihan.

Bagaimanapun, seorang astronot harus bisa membedakan antara bau PAH pada pakaian antariksa mereka dengan kebocoran bahan kimia berbahaya di stasiun luar angkasa.

Komet Berbau

Jadi, kita sudah punya gambaran seperti apa bau ruang angkasa di dekat Bumi. Tapi, bagaimana dengan yang lebih jauh?

Tempat-tempat lain di alam semesta juga memiliki bau yang unik - seandainya saja kita bisa melakukan perjalanan sejauh itu untuk mencium baunya.

Benda luar angkasa / satelit / asteroid / komet.

Photo :
  • Dailyhunt

Ketika wahana antariksa Rosetta milik Badan Antariksa Eropa (ESA) bertemu dengan komet 67P/Churyumov-Gerasimenko pada tahun 2014, wahana ini mendeteksi berbagai macam molekul di dalam koma komet, yaitu lingkaran gas yang mengelilingi inti komet yang padat.

Di antara molekul-molekul ini adalah hidrogen sulfida, yang membuat telur busuk berbau busuk; amonia, yang mengingatkan kita pada bau urin yang menjijikkan; hidrogen sianida, yang meskipun terkenal beracun, memiliki bau yang lebih menarik seperti bau kacang almond; karbon disulfida yang beraroma manis; dan aroma asinan formalin.

Anda mungkin akan menutup hidung Anda saat mencium kombinasi bau ini. Tapi, kalau pun ada bau, kemungkinan besar baunya sangat lemah, karena sebagian besar komposisi komet adalah uap air dan karbon dioksida.

Bulan Berbau Bensin

Salah satu tempat yang memiliki atmosfer yang mampu menahan aroma adalah bulan terbesar Saturnus, Titan. Namun, atmosfernya tidak benar-benar membantu kita mencium apa pun. Tidak ada oksigen, dan suhu di sana sangat dingin - minus 292 derajat Fahrenheit (minus 179,6 derajat Celcius) - jadi tidak ada pilihan lain selain melepaskan helm antariksa dan menghirupnya dalam-dalam. Namun, jika kita bisa, kita akan menemukan bahwa Titan berbau bensin.

Ilustrasi Bulan.

Photo :
  • Pixabay

Mungkin kita tidak perlu terkejut. Bensin, atau bensin, terbuat dari minyak mentah yang kaya akan hidrokarbon, yaitu molekul yang terbentuk dari atom-atom hidrogen dan karbon, seperti metana dan etana.

Atmosfer Titan mengandung kabut hidrokarbon yang pekat, dan di permukaan bulan, hidrokarbon cair membentuk danau dan sungai yang berminyak. Tapi, metana, yang merupakan hidrokarbon dominan di Titan, tidak berbau. Jadi, apa yang menyebabkan bau busuk di Titan?

Wahana antariksa Cassini milik NASA mengidentifikasi bahan kimia tak dikenal di atmosfer Titan yang berdasarkan eksperimen laboratorium NASA di Bumi, merupakan molekul yang mengandung nitrogen, metana, dan benzena, serta termasuk dalam kelompok molekul yang disebut polycyclic aromatic nitrogen heterocycles (PANH). Khususnya, benzena dalam PANH yang memberikan bau minyak bumi pada Titan, karena benzena juga ditemukan secara alami di dalam bensin.

Awan Gas yang Memabukkan

Jadi, tata surya adalah tempat yang cukup menyengat, tapi bagaimana dengan bagian lain dari alam semesta?

Sagittarius B2, awan molekul antarbintang raksasa yang terdiri dari gas dan debu pembentuk bintang yang berjarak kurang dari 400 tahun cahaya dari pusat Bimasakti, memiliki berbagai macam kimiawi aromatik. Salah satunya, awan ini mengandung banyak alkohol, termasuk vinil alkohol, metanol, dan etanol, jenis alkohol yang ada di dalam bir.

Pada tahun 2009, para astronom juga mendeteksi molekul etil format di Sagittarius B2. Etil format adalah bahan kimia yang memberi aroma manis pada raspberry dan rum, jadi meskipun pusat galaksi kita beraroma seperti tempat pembuatan bir, setidaknya aromanya menyenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya