Pil Bioelektrik Bisa Bikin Kenyang Tanpa Harus Makan

Ilustrasi pil/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Tekno – Belum lama ini laman MIT Technology Review menerbitakn tulisan mengenai ide di balik pil penurun berat badan baru (Pil bioelektrik) yang dapat mengelabui otak untuk berpikir bahwa perut sudah kenyang, dengan menstimulasi ujung-ujung saraf yang merasakan ketika perut mengembang.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Kapsul seukuran vitamin ini, memiliki motor kecil yang mulai bergetar ketika menyentuh perut, merangsang reseptor peregangan organ.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet

Photo :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

Sejauh ini, "elektroceutical" ini baru diuji coba pada beberapa babi Yorkshire muda, namun dengan hasil yang menjanjikan. Menurut sebuah makalah baru di Science Advances, enam babi yang diberi pil makan 40% lebih sedikit daripada babi yang menerima plasebo selama dua minggu.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Kira-kira seperti itulah yang diharapkan oleh tim, tetapi "kami sangat terkejut ketika pil ini memiliki efek yang konsisten," kata Shriya Srinivasan, seorang insinyur biomedis di Harvard dan salah satu penulis studi tersebut.

Berat badan babi-babi tersebut tidak berkurang-mereka masih terus bertambah-tetapi hewan-hewan yang menerima kapsul getar tidak mengalami kenaikan berat badan sebanyak kelompok kontrol.

Kapsul tersebut, yang disebut Vibratory Ingestible BioElectronic Stimulator (VIBES), meniru efek perut kenyang dengan cara lain. Setelah pil mulai berdengung, kadar insulin pada babi meningkat dan kadar hormon kelaparan ghrelin turun, sama seperti yang terjadi ketika perut mengembang setelah makan besar.

Carlos Campos, seorang ahli saraf di University of Washington yang mempelajari sinyal antara usus dan otak, mengatakan bahwa teknologi ini sangat mengesankan. "Ada cukup banyak rekayasa yang dilakukan untuk membuat pil getar ini," katanya.

Begini cara kerjanya: Ketika kapsul menyentuh asam lambung, membran agar-agar bagian luarnya akan larut, melepaskan pin pogo bermuatan pegas yang melengkapi sirkuit listrik. Pin tersebut mengaktifkan motor bertenaga baterai yang menggerakkan getaran, yang berlangsung sekitar setengah jam.

Getaran tersebut memicu reseptor peregangan, yang memberi otak "efek kenyang yang ilusi," kata Srinivasan. Dan jika Anda merasa kenyang, Anda mungkin akan makan lebih sedikit.

Ilustrasi organ otak manusia.

Photo :
  • IG @katadokter_official

Bahkan dengan obat penurun berat badan baru yang lebih efektif, kata Campos, masih diperlukan terapi baru untuk mengatasi epidemi obesitas. Suntikan Wegovy dan Zepbound mahal, dan penelitian menunjukkan bahwa orang harus meminumnya tanpa batas waktu untuk menjaga berat badan.

"Dengan stimulasi mekanis, Anda bisa memutuskan kapan harus menggunakannya, kapan tidak. Anda memiliki kontrol yang jauh lebih baik tentang bagaimana rangsangan diberikan," katanya.

Tapi ada peringatan, kata Campos. Anda tidak bisa menipu otak selamanya. Jika otak memutuskan bahwa sinyal-sinyal peregangan itu bukan isyarat yang dapat diandalkan untuk mengetahui seberapa banyak makanan yang dikonsumsi, "maka otak mungkin mulai menggunakan sinyal lain untuk memutuskan berapa banyak yang harus dimakan," katanya.

"Kami tidak tahu berapa lama trik itu akan berhasil." Sambungnya.

Para peneliti membayangkan bahwa orang akan meminum pil VIBES sekitar 20 atau 30 menit sebelum makan. Setidaknya pada babi, kapsulnya tampak aman, bergetar pada tingkat yang menurut Srinivasan lebih lembut daripada sikat gigi elektrik.

"Kami tidak melihat adanya mual, muntah, kembung - tidak ada yang seperti itu," katanya. Namun percobaan ini tidak sepenuhnya meniru cara VIBES digunakan pada manusia.

Babi tidak pandai menelan pil tanpa menggigit atau mengunyah, jadi para peneliti menempatkan pil di perut hewan melalui tabung makanan. Kapsul-kapsul tersebut diikatkan pada baterai eksternal dan diaktifkan sebelum babi-babi tersebut mendapatkan pelet makanan dua kali sehari. 

Jika ini berhasil sampai ke manusia, manusia akan menelan beberapa kapsul bioelektrik setiap hari. Hewan-hewan tersebut berhasil menghabiskan satu kapsul dengan aman dalam empat hari, rata-rata, tetapi "kami tidak tahu apa efeknya pada manusia," kata Srinivasan. Pil-pil tersebut mungkin akan melewati tubuh lebih cepat.

Srinivasan berharap mereka dapat mengujinya dalam satu atau dua tahun ke depan. Teknologi VIBES tidak menggunakan bahan yang mahal, sehingga tim berharap teknologi ini dapat diproduksi secara massal dengan harga satu dolar atau kurang per pil.

"Fakta bahwa ini adalah pil membuatnya dapat diakses oleh populasi dunia yang tidak mampu membeli pilihan lain yang lebih invasif atau mahal yang biasanya diperoleh dengan implan atau operasi," tambahnya. "Saya rasa ini akan sangat terjangkau bagi masyarakat luas."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya