Negara yang Ngebet Merdeka Ini Tutup Permanen Teknologi 3G di 2019

Ilustrasi bermain smartphone.
Sumber :

VIVA – Taiwan menutup permanen seluruh layanan teknologi 3G di awal 2019. Sebelumnya, negara kecil yang ngebet merdeka dari China ini telah menutup layanan 2G pada 1 Juli 2017.

Kata Jonatan Christie Usai Pastikan Langkah Indonesia ke Final Thomas Cup 2024

Mengutip situs ZDNet, Selasa, 18 Desember 2018, pengguna di Taiwan hanya bisa menggunakan layanan 4G mulai tahun depan, serta persiapan layanan 5G, yang rencananya akan beroperasi paling cepat pada 2020.

Meskipun sebagian besar penduduk di Taiwan telah beralih ke jaringan 4G, namun diperkirakan masih ada sekitar 200 ribu pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G.

List of Countries with the Most Widows

Hal ini telah mendorong regulator bersama operator telekomunikasi lokal untuk meluncurkan insentif dan promosi agar pengguna 3G beralih ke paket 4G terbaru.

Pada Maret 2018, jumlah pengguna 4G telah melampaui populasi di Taiwan. Jumlah pengguna 3G telah menurun menjadi sekitar 228 ribu orang pada pertengahan November dari 5,5 juta pada 2017.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Meskipun jaringan 3G yang tersisa akan ditutup dalam waktu sekitar dua minggu, namun regulator lokal percaya sekitar 100 ribu orang tidak bisa menyelesaikan upgrade mereka ke jaringan LTE sebelum awal tahun depan.

Jadwal penyebaran 5G di Taiwan pun masih belum pasti karena pasar pada umumnya percaya bahwa pemerintah tidak akan menerbitkan lisensi 5G hingga 2020.

Hal ini bisa berarti Taiwan tertinggal di belakang beberapa negara lain, di mana uji coba 5G telah dimulai. Jepang telah memulai uji coba 5G pada 2014. Kemudian, Korea Selatan menyusul pada 1 Desember kemarin, serta China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya