Bingung Pilih Caleg? Cek Pintarmemilih.id Saja

Seorang pria menarik gerobak di depan baliho berisi sosialisasi tentang warna surat suara yang terpasang di kawasan Cipondoh, Tangerang, Banten
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Tahun 2019 merupakan tahun politik. Pada April nanti, rakyat akan memilih calon presiden dan calon wakil rakyat. Selama ini publik cenderung tersedot pada panasnya persaingan antara calon presiden Jokowi dengan Prabowo. Padahal pada 17 April nanti, pemilih akan memilih calon DPD RI dan DPR dari tingkat pusat, provinsi sampai kabupaten/kota. 

Lolos ke Senayan, Perolehan Suara Verrell Bramasta Mampu Singkirkan Sejumlah Caleg Incumbent 

Di beberapa pinggir jalan, sudah terpampang banyak baliho calon wakil rakyat. Informasi pemilih atas calon legislatif umumnya mengandalkan baliho yang tersebar di pinggir jalan atau koneksi jaringan masing-masing pemilih.

Biasanya baliho calon legislatif atau caleg di pinggir jalan cuma menginformasikan partai serta nomor calon wakil rakyat dan mengajak pemilih untuk memilih sang caleg tersebut.

Menantu Pedangdut Elvy Sukaesih Zecky Alatas Syok, Perolehan Suaranya di DPD Merosot Drastis

Nah, untuk kamu yang belum banyak mengenal caleg di daerah pemilihanmu, bisa mengecek ke laman pintarmemilih.id. Laman tersebut dibuat oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) bekerja sama dengan KPU, Bawaslu, cekfakta, Google dan lainnya.

Laman pintarmemilih.id ini berisi informasi daftar calon legislatif berbasis daerah pemilihan. Jadi kamu tinggal pilih daerah pemilihanmu maka akan tertera daftar calon wakil rakyat di daerahmu. 

Heboh! Kades di Tangerang Pecat 27 Ketua RT/RW, Gegara Anak Gagal Nyaleg

Setelah itu kamu bisa mengklik masing-masing caleg jika kamu penasaran. Pada daftar calon wakil rakyat tersebut, akan memuat informasi profil, program, dokumen seputar caleg tertentu. 

Data caleg dan wakil rakyat yang ada di laman pintarmemilih.id itu bersumber dari infopemilu.kpu.go.id. 

Sayangnya, dalam daftar tersebut banyak informasi caleg yang belum lengkap, misalnya program dan foto caleg. Data calon wakil rakyat umumnya yang muncul adalah caleg DPR pusat, sedangkan DPRD provinsi dan DPR beberapa masih belum tersedia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya