4 Cara Agar Anak Remaja Aman Main Instagram

Ilustrasi Instagram.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Instagram jadi salah satu media sosial yang digemari para remaja di Indonesia. Ini juga membuat orangtua kesulitan mencari tahu apa saja yang dilakukan anak-anak usia remaja di media sosial tersebut.

Gunakan Kain Endek Bali Ketika Bertemu Presiden Jokowi, Sikap Politik Puan Maharani Dipuji

Karena itu, Instagram merilis Panduan Instagram untuk Orang Tua dalam bahasa Indonesia. Isinya mengenai informasi-informasi untuk orangtua di Indonesia dengan informasi penggunaan Instagram pada remaja.

Instagram memberikan empat cara yang bisa dilakukan Anda sebagai orang tua untuk menjaga keamanan anak remaja saat bermain di Instagram. Berikut ini di antaranya, dikutip dari Panduan Instagram untuk Orang Tua, Selasa, 1 Oktober 2019.

Ketemu Jokowi, Puan Maharani Disebut Warisi Sikap Negarawan Taufiq Kiemas

1. Pahami alasan anak gunakan Instagram

Sebagai orangtua, Anda harus paham alasan buah hati menggunakan Instagram. Biasanya mereka menggunakannya untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting, berbagi momen, terhubung baik dengan teman dan keluarga, membangun komunitas dan juga bertemu dengan orang yang memiliki kegemaran dan minat yang sama.

Romantis, Isi Hati Aaliyah Massaid Usai Dilamar Thariq Halilintar

2. Dorong anak untuk jadi dirinya sendiri

Di awal penggunaan Instagram, Anda bisa mengajak anak untuk membuat akun bersifat pribadi atau privat. Jika mereka mengetahui bisa mengendalikan privasinya di Instagram, anak-anak bisa tampil menjadi diri mereka sendiri.

Instagram memiliki fitur bernama Privasi Akun untuk menentukan siapa saja yang boleh maupun tidak boleh melihat unggahan dan berinteraksi dengan akun mereka. Fitur Blokir bisa digunakan untuk memblokir akun yang tidak pantas atau mereka tidak ingin berinteraksi dengan akun tertentu.

3. Kendalikan interaksi anak di Instagram

Ingat, anak Anda punya kendali atas siapa saja yang mengomentari unggahan mereka. Caranya dengan menggunakan fitur Kontrol Komentar di Instagram.

Selain itu, anak-anak bisa menggunakan fitur Blokir yang digunakan untuk memblokir akun tertentu agar komentar dari akun tersebut tidak muncul lagi. Ada pula fitur Komentar yang bisa diaktifkan untuk menyaring komentar yang bersifat offensive.

4. Ajak anak gunakan waktu dengan bijak

Akses media sosial bisa membuat anak upa waktu. Anda bisa memantau berapa lama waktu yang dihabiskan anak di Instagram lewat dasbor Aktivitas Anda dalam Pengaturan Instagram.

Anda juga bisa menetapkan batas waktu bersama anak Anda dengan mengaktifkan Setel Pengingat Harian. Selain itu bisa juga menonaktifkan notifikasi Instagram selama periode tertentu lewat fitur Jeda Notifikasi. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya