Google Doodle Hari Ini Sosok Jurnalis Nasional, Sudah Kenal Belum?

Google Doodle untuk merayakan ulangtahun Ani Idrus
Sumber :
  • dok. Google

VIVA – Saat membuka mesin pencarian Google, pengguna bisa menemukan logo yang menarik dan didesain berbeda, sesuai dengan tema yang dipilih. Logo yang didesain menarik perhatian itu kerap disebut sebagai Google Doodle, dan sudah dibuat dengan banyak tema unik dan menarik bagi penggunanya.

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Hari ini, mesin pencarian rakasasa itu merayakan ulang tahun seorang jurnalis dan aktivis, Ani Idrus dalam Google Doodle. Untuk ulang tahunnya yang ke 101, digambarkan Ani bersama dengan lembaran-lembaran surat kabar.  Pemilihan warna coklat seperti kertas usang, membuat tampilan Google Doodle terlihat berbeda dari biasanya.

Dalam laman resminya, Senin, 25 November 2019, dihadirkan draft awal gambar yang didesain oleh artis bernama Shanti Rittgers. Ani terlihat sedang memegang tumpukan kertas di tangan kirinya dan tangan kanan memegang kertas koran yang terletak di bagian belakangnya.

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Ani sendiri merupakan pendiri salah satu surat kabar harian bernama Waspada pada tahun 1947. Dia menjadi kekuatan utama untuk jurnalisme nasional, pendidikan dan politik. Dia lahir hari ini tahun 1918 di Sumatra Utara. Pada tahun 1930 Ani sudah menjadi jurnalis serta juga menjadi koresponden asing lebih dari satu dekade.

Baca juga: Bisa Cek Saldo eMoney dari Samsung Galaxy A30s, Gampang!

Google Doodle Celebrates the Heart Surgeon Dr Victor Chang

Setelah beberapa lama berkecimpung di dunia jurnalis, dia juga merilis edisi pertama majalah wanita pertama. Selain itu Ani menyabet penghargaan Satya Press Awards pada 1988. 

Selain menjadi jurnalis, dia juga merupakan anggota pergerakan politik Young Indonesia. Dia menghadiri Kongres Wanita Pertama di Indonesia dan menjadikan dirinya duduk menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Sumatera Utara.

Di bidang pendidikan Tanah Air, nama Ani juga dikenal memiliki kontribusi besar. Dia membuka delapan sekolah, yaitu salah satunya mendirikan Yayasan Pendidikan Ani Idrus atau YPAI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya