Logo ABC

Kalau China Sukses Bikin Vaksin Corona, Mungkinkah Ditolak?

Teori Konspirasi Virus Corona.
Teori Konspirasi Virus Corona.
Sumber :
  • The Union Journal

Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Madeleine Albright, mendesak negara-negara di dunia untuk bersatu melawan Virus Corona dan melakukan upaya pembangunan kembali setelah pandemi COVID-19 ke depannya.

Albright memuji upaya Australia dalam mengatasi wabah Corona, terutama kerja sama antara pemerintah federal dengan negara bagian. Ia menyebutkan cara seperti itu baru terlihat di AS.

"Saya lihat yang jadi masalah yaitu terjadinya politisasi atas isu ini [di Amerika Serikat], sikap tidak mau bertanggung jawab dan justru menyalahkan pihak lain," katanya dalam wawancara dengan program Radio Nasional ABC.

"Saya salut dengan Australia, kalian telah menangani masalah ini dengan sangat baik. Sayangnya kami (di AS) tidak mengambil keputusan lebih awal," kata Albright.

Albright yang pernah memegang posisi penting dalam Pemerintahan Bill Clinton serta Dubes AS untuk PBB mengatakan situasi sulit justru membutuhkan kerjasama, termasuk dengan China.

"Kita tidak bisa hanya memutuskan bahwa hal ini akhir dari segalanya. Kita harus mengubah cara kita bekerja serta menyadari adanya keterkaitan dengan negara lain," katanya.

"Kita menyalahkan kepada China atas apa yang terjadi. Tapi kita ini bahkan tergantung pada masker yang mereka buat," tambahnya.