10 Aplikasi Video Call Sesuai Urutan Keamanannya

Ilustrasi pengguna video call
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Peneliti keamanan bersama organisasi nirlaba privasi, Mozilla mengevaluasi keamanan 10 aplikasi panggilan video. Di antara platform tersebut, terdapat nama-nama terkenal seperti Zoom, Google Hangouts, Skype, dan Microsoft Teams.

Mengapa Penting Menggunakan Private Network dan Cara Mencegah Social Engineering

Evaluasi ini memberikan nilai pada masing-masing aplikasi, untuk tingkat keamanannya. Lalu, siapa yang mendapatkan nilai tertinggi?

Berikut 10 besar aplikasi dengan nilai tertinggi pada temuan di panduan Mozilla, dikutip dari  laman Business Insider, Rabu 29 April 2020:

Momen Kocak Maling Motor Bertato Video Call Emak saat Mau Digebuki Warga Koja

1. Zoom: 5/5 bintang

Laporan ini mengakui. jika Zoom memiliki banyak masalah soal privasi dan keamanan. Namun. dituliskan jika perusahaan tersebut meningkatkan keamanannya selama sebulan terakhir.

Akhiri Perang Dingin, Menhan AS dan China Lakukan Video Call Setelah Setahun

Hasilnya dalam laporan Mozilla ini, Zoom memiliki nilai tinggi menggunakan enkripsi, merilis perbaikan bug, dan mengatur perlindungan kata sandi yang kuat.

2. Skype: 5/5 bintang

Berikutnya ada Skype. yang dikatakan dengan fitur blur untuk background menambah privasi penggunanya. Selain itu, platform ini juga menggunakan terjemahan bahasa secara real-time. Aplikasi ini juga memanfaatkan nomor telepon yang sudah ada.

3. Facebook Messenger: 5/5 bintang

Produk dari keluarga besar Facebook ini mendapatkan skor sempurna, karena melakukan perbaikan bug secara regular, enkripsi, dan proteksi pada password. Namun, Mozilla juga memberikan catatan jika Messenger bisa mengumpulkan data lewat fitur kamera.

4. Microsoft Teams: 5/5 bintang

Mozilla menilai, Microsoft Teams telah melakukan sejumlah langkah keamanan selama sebulan terakhir. Aktivitas itu dilakukan, bersamaan saat Zoom dihantam isu keamanan.

5. Blue Jeans: 5/5 bintang

Platform video call yang berfokus untuk bisnis juga memiliki nilai sempurna pada laporan ini. Namun Mozilla mengkritik pemiliknya, Verizon karena menentang netralitas, memperingatkan bahwa secara teoritis bisa throttling atau pembatasan aplikasi video call lain di jaringannya demi Blue Jeans.

6. FaceTime: 4,5/5 Bintang

Menurut Mozilla, FaceTime memenuhi persayaratan keamanan dasar. Namun dalam laporan, platform itu dikritik karena tidak menggunakan password untuk panggilan orang ke orang.

7. WhatsApp: 4,5 / 5 bintang

WhatsApp juga menerima nilai tertinggi di semua kategori. Kecuali untuk kategori proteksi password,
aplikasi ini tidak memerlukan kata sandi saat mengakses fungsi video call.

8. Discord: 4,5/ 5 bintang

Discord awalnya adalah penyedia pesan forum dan grup, namun juga membangun tools untuk panggilan video pribadi. Mozilla mencatat, persyaratan privasi Discord sangat longgar, contohnya peneliti bisa menggunakan password 111111.

Juru bicara Discord mengatakan, jika pihaknya telah bekerja sama dengan Mozilla untuk memastikan mereka memiliki informasi terkait fitur privasi dan keamanan.

9. Houseparty: 4/5 bintang

Houseparty dikatakan tidak memenuhi persayaratan keamanan dasar. Terutaman aplikasi itu memiliki kata sandi yang lemah.

Peneliti Mozilla mencatat, jika persyaratan platform itu kata sandi minimal 5 karakter dan kata sandi lemah seperti 12345 diterima. Seorang juru bicara Houseparty mengatakan, jika pihaknya terus meningkatkan keamanannya.

10. Doxy.me: 2,5/5

Doxy.me adalah platform telemedicine yang digunakan oleh dokter dan terapis. Mozilla memberikan nilai rendah, karena memakai web browser sebagai aksesnya. Artinya, keamanan tidak bisa dijamin oleh penyedia layanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya