Logo WARTAEKONOMI

Jangan Anggap Remeh Profesi Penjaga Warnet

William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia. (FOTO: Business Times)
William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia. (FOTO: Business Times)
Sumber :
  • wartaekonomi

Di balik ramainya pemberitaan Tokopedia diretas oleh hacker, tak bisa dipungkiri Tokopedia merupakan e-commerce sukses yang menjadi platform jual beli online terbesar di Indonesia. Perusahaan startup yang sudah berstatus unicorn ini memiliki valuasi hingga US$7 miliar atau Rp101 triliun.

Sosok di balik kesuksesan Tokopedia ini adalah William Tanuwijaya, yang lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 11 November 1981. Semasa kuliah, ia hanyalah seorang penjaga warnet. Kata William, Tokopedia hadir berawal dari mimpi.

"10 tahun lalu kami memulai Tokopedia lewat sebuah mimpi, untuk turut mendorong dan mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital. Di titik itulah perjalanan entrepreneurship saya dimulai. Saya bersyukur, perjalanan tersebut tidak hanya mengubah hidup saya, namun juga jutaan hidup orang lain," tutur William dalam catatan di Instagram @liamtanu, 14 November 2019.

William bukanlah sosok yang kaya dari lahir. Ia tumbuh dalam keluarga tidak kaya tapi sangat mementingkan pendidikan. 

Pada saat lulus sekolah menengah atas, mengikuti arahan ayah dan paman, William merantau ke Jakarta untuk menempuh pendidikan lebih baik di Universitas Bina Nusantara (Binus), kampus dengan biaya yang tidak bisa dibilang murah.

Saat itulah pertama kali bagi William menjalani pengalaman keluar dari Sumatera Utara. Berbekal restu orang tua dan semangat yang tinggi, ia menempuh perjalanan laut selama 4 hari tiga malam dari Belawan ke Tanjung Priok.