Misi ke Mars Dimulai, Begini Cara Menyaksikannya

Ilustrasi pesawat ulang alik meluncur ke ruang angkasa.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Penjelajah planet Mars milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), Perseverance dijadwalkan meluncur hari ini usai ibadah salat magrib, tepatnya pukul 18:50 WIB dari Space Launch Complex 41, Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida.

Menjelang Serangan Darat Israel, 100 Ribu Warga Gaza di Rafah Dievakuasi

Dilansir dari laman Space, Kamis, 30 Juli 2020, rover itu akan menumpang roket United Launch Alliance Atlas V. Ramalan cuaca mengatakan, hari ini 80 persen langit berpotensi baik. Jendela peluncurannya sendiri sekitar dua jam, dengan peluang setiap lima menit.

Proses peluncuran ini bisa disaksikan melalui situs https://www.nasa.gov/live/ atau saluran YouTube KSC Newsroom. Misi ini memiliki tujuan memahami geologi dan iklim di planet merah.

Hizbullah Bombardir Pangkalan Militer Israel di Golan, Puluhan Roket Diluncurkan

Rover memiliki bobot 1.043 kilogram yang setara dengan mobil kecil. Ia akan membawa sampel batuan dan tanah ke Bumi, kemudian dikembalikan ke Mars pada misi masa depan.

Baca juga: Harga Oppo Reno 4 Pro Terungkap

3 Tentara Israel Tewas Kena Rudal Kiriman Brigade Al-Qassam

Proses pembuatan Perseverance dilakukan oleh NASA Jet Propulsion Laboratory di California Selatan. Sedangkan manajemen yang bertanggung jawab untuk proses peluncuran adalah Kennedy Space Center, Florida.

Perseverance Mars 2020 menjadi bagian eksplorasi bulan dan Mars. NASA akan mengirim manusia ke bulan dan misi yang lebih besar lagi, yakni mengirim manusia ke planet tetangga Bumi itu. Pengiriman ke satelit alami Bumi akan terjadi pada 2024.

Sebelum NASA, Uni Emirat Arab (UEA) dan China sudah terlebih dahulu mengirim utusan ke Mars. UEA sukses mengirim Satelit Hope ke planet merah pada Senin, 20 Juli lalu. Disusul China yang mengirim Tianwen-1 pada 23 Juli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya