Pesawat Luar Angkasa Richard Branson Punya Sejarah Kelam

Richard Branson
Sumber :
  • Business Insider

VIVA – Pendiri perusahaan penerbangan luar angkasa swasta Virgin Galactic, Richard Branson, baru saja sukses melakukan penerbangan singkat ke antariksa menggunakan pesawat buatan perusahaannya sendiri. Mereka lepas landas pada Minggu malam, 11 Juli 2021 pukul 10.40 ET atau 21.40 WIB dari Spaceport America di New Mexico, AS.

Beli Land Rover Dapat Kesempatan Berwisata ke Luar Angkasa

“Saya telah memimpikan momen ini sejak saya masih kecil, tetapi tidak ada yang bisa mempersiapkan saya untuk melihat Bumi dari luar angkasa. Sekarang kami berada di garda depan era baru ruang angkasa,” ujar Branson, seperti dikutip dari situs Techcrunch, Selasa, 13 Juli 2021.

Ini adalah kemenangan panjang dalam sejarah Virgin Galactic dan Branson. Perusahaan berada di depan kurva dalam ambisi pariwisata luar angkasa. Pada 2014, penerbangan uji coba berakhir dengan kecelakaan yang mengerikan dan kematian salah satu pilot.

Tiket Wisata Luar Angkasa Dibuka, Kamu Cukup Bayar Segini

Para insinyur dan pemimpin Virgin Galactic bekerja melaluinya dan membangun pesawat ruang angkasa yang lebih kuat dan lebih baik yang diberi nama Unity oleh Stephen Hawking yang saat itu masih hidup dan berharap bisa menumpang suatu hari nanti.

Pilot menerbangkan uji terbang selama bertahun-tahun. Perlahan-lahan meningkatkan daya dan akhirnya pada 2018 mereka berhasil menyentuh tepi ruang angkasa. Dalam catatan itu ada sedikit kontroversi bahwa ketinggian yang tepat di mana atmosfer memberi jalan ke ruang angkasa tidak sepenuhnya disepakati.

Tiket Jalan-jalan ke Luar Angkasa Terjual 100 Buah, Segini Harganya

Beberapa otoritas menempatkan garis Karman, sebagai batas imajiner disebut pada 100 kilometer di atas permukaan laut. Sedangkan yang lainnya pada 50 mil atau sekitar 80 kilometer.

Perusahaan menggunakan perkiraan yang lebih rendah, sementara saingan beratnya, Blue Origin dari Jeff Bezos, menggunakan yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan Bezos mengabaikan penerbangan Virgin Galactic dengan mengatakan dia tidak ingin pelanggannya memiliki 'tanda bintang' dalam perjalanan mereka ke luar angkasa.

Perwakilan Virgin Galactic mengatakan bahwa mereka menggunakan standar yang sama dengan yang dilakukan Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) dan Angkatan Udara Amerika Serikat. Pilot diberikan label astronot jika mereka melewati 50 mil di atas permukaan laut.

Perlombaan untuk mengirim penumpang ke luar angkasa telah memanas akhir-akhir ini, dan Bezos baru-baru ini mengumumkan bahwa ia akan terbang menggunakan roket New Shepard Blue Origin pada 20 Juli 2021 dengan saudaranya, seorang penumpang misterius yang telah membayar US$28 juta atau Rp405 miliar dan Wally Funk.

Tapi, Richard Branson kemudian mengumumkan bahwa dirinya lebih dahulu terbang pada 11 Juli kemarin. Ia ditemani oleh Beth Moses, Kepala Instruktur Astronot Virgin Galactic, Colin Bennett, Insinyur Operasi Utama Virgin Galactic, dan Sirisha Bandla, Wakil Presiden Urusan Pemerintahan dan Operasi Penelitian Virgin Galactic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya