Pengertian Teknologi Menurut Ahli, Sejarah, Manfaat, dan Jenisnya

Ilustrasi Teknologi Kesehatan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pengertian teknologi adalah beberapa keperluan dan sarana yang berbentuk aneka jenis perlatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. Saat ini, teknologi telah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Kehadiran teknologi sudah mempengaruhi masyarakat dan lingkungan sekitar seiring dengan berkembangnya zaman. Karena teknologi dapat membantu dalam beberapa hal seperti dalam ekonomi dan lain sebagainya.

Supaya lebih paham mengenai pengertian teknologi, manfaat, dan jenisnya, simak ulasan berikut yang telah dirangkum VIVA dari repository.radenintan.ac.id.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Lalu, Apa Pengertian Teknologi?

Pengertian Teknologi

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Technologia Webster Dictionary yang memiliki arti systematic treatment atau dengan kata lain pemakaian sesuatu secara sistematis. Sedangkan techne yang mendasari kata tersebut memiliki arti skil atau keahlian, keterampilan, dan ilmu. Orang awam biasanya memahami teknologi sebagai sesuatu yang berbentuk mesin atau hal-hal yang berkaitan dengan permesinan.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Roger

Teknologi merupakan sebuah rancangan atau desain untuk alat bantu Tindakan yang dapat mengurangi ketidakpastian dengan hubungan sebab-akibat guna memperoleh sebuah hasil yang diinginkan.

Jacques Ellul

Jacques Ellul mendefinisikan teknologi sebagai seluruh metode ini beralasan dan sangat efisien dalam setiap aktivitas manusia.

Gary J Anglin

Menerangkan bahwa teknologi adalah penerapan dari ilmu perilaku dan alam, serta pengetahuan lain yang sistematis dan menyistemkan guna menyelesaikan masalah.

Vaza

Pada saat yang sama, Vaza menjelaskan bahwa teknologi adalah sebuah proses untuk mengimplementasikan sesuatu secara rasional.

Toynbee

Pemahaman bahwa teknologi merupakan tanda kejayaan manusia itu ada, yang membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan, tapi butuh lebih.

Gary J. Anglin

Pengertian teknologi adalah penerapan ilmu perilaku, ilmu alam, dan ilmu pengetahuan lainnya secara sistematis dan sistematis untuk memecahkan masalah manusia.

Sejarah Teknologi

Perkembangan teknologi adalah perkembangan yang sistematis karena selama beribu-ribu tahun yang lalu, teknologi telah dikenal oleh manusia. Namun, bentuknya tidak secanggih zaman sekarang.

Pada masa pra sejarah, teknologi yang dipakai berasal dari batu, perunggu, dan besi. Teknologi yang dikenal pada zaman ini seperti pedang, kapak, dan bejana. Teknologi dilanjutkan pada zaman kuno yang telah berkembang pada arah konstruksi, maritime, pertanian, serta alat-alat tulis.

Manusia telah mengenal bagaimana membangun sebuah konstruksi bangunan sampai yang tahap rumit. Contohnya pembangunan PIramida, mercusuar, dan lain-lain. Kemudian teknologi berkembang sampai mengalami kemajuan. Hal ini ditandai dengan adanya penemuan-penemuan seperti astronomi, matematika, sampai kartografi.

Teknologi terus berkembang sampai saat ini pada abad ke-20, Neil Amstrong berhasil mendarat di bulan. Seiring dengan itu, teknologi yang lain pun semakin berkembang pesat. Misalnya dalam militer telah ditemukan bom atom, sampai internet yang tengah dirasakan.

Jenis-Jenis Teknologi

Teknologi memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut diantaranya:

  • Teknologi informasi adalah sebuah teknologi yang bisa membantu manusia untuk menghantarkan informasi kepada orang lain dengan sangat cepat dan efektif.
  • Teknologi komunikasi adalah sebuah teknologi yang bisa membantu manusia untuk berkomunikasi satu dengan yang lain, mereka saling mengirimkan informasi memakai sebuah perangkat tertentu.
  • Teknologi medis adalah sebuah teknologi yang berhubungan dengan ilmu kedokteran, kegiatan medis tersebut telah memanfaatkan teknologi medis.
  • Teknologi konstruksi adalah sebuah teknologi yang sangat berkaitan dengan struktur bangunan. Ketika akan membangun sebuah bangunan, kamu pasti memerlukan teknologi.
  • Teknologi transportasi adalah sebuah teknologi yang bisa membantu manusia untuk pindah dari sebuah lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu yang cepat.
  • Teknologi pendidikan adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, dalam kegiatan ini memanfaatkan teknologi tertentu.

Manfaat Teknologi

Pada masa sekarang, teknologi berkembang dengan sangat cepat. Berbagai sektor telah memanfaatkan perkembangan teknologi ini untuk membantu kegiatan mereka. Nah, berikut ini manfaat teknologi yang harus dipahami.

  • Bisa dengan mudah dioperasikan.
  • Bisa dipakai oleh berbagai kalangan.
  • Bisa dimanfaatkan untuk menambah lapangan pekerjaan.
  • Bisa membantu dan mempermudah kegiatan manusia.
  • Bisa meringankan pekerjaan yang sangat berat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya