Mengapa Mark Zuckerberg Pilih Nama Meta?

Logo Meta.
Sumber :
  • About Facebook

VIVA – Mark Zuckerberg resmi mengganti nama induk perusahaannya menjadi Meta. Harus diingat, nama Facebook masih tetap ada, kok. Meta berasal dari bahasa Yunani yang artinya beyond.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Jika diterjemahkan artinya lebih jauh, melewati, atau bisa juga melebihi. Nama ini juga merujuk pada Metaverse, alam semesta dalam bentuk virtual.

"Saat ini kami dilihat sebagai perusahaan media sosial. Tetapi pada DNA kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk menghubungkan masyarakat. Dan, Metaverse adalah batas selanjutnya seperti jejaring sosial saat kami pertama memulainya," ungkapnya, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs About Facebook, Jumat, 29 Oktober 2021.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Jadi, Meta adalah perusahaan induk, sementara Facebook, menjadi salah satu anak perusahaan, begitu pula dengan Instagram dan WhatsApp.
Selain mengubah nama, Facebook juga mengganti logo perusahaan yang awalnya gambar 'likes' atau 'jempol ke atas' menjadi 'The Blue Infinity' untuk Meta yang saat ini belum dimunculkan secara resmi.

Zuckeberg di halaman Facebook pribadinya juga mengubah jabatannya menjadi 'Pendiri dan Kepala Eksekutif Meta'. Konsep Metaverse diyakini Zuckerberg dapat menjadi platform sosial besar berikutnya dan diyakininya beberapa perusahaan teknologi akan membangunnya selama 10 tahun ke depan.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

"Sekarang, Meta bergerak melampaui layar 2D menuju pengalaman imersif seperti augmented reality dan virtual reality untuk membantu membangun evolusi berikutnya dalam teknologi sosial," jelas dia.

Rebranding juga dianggap sebagai bagian upaya merombak reputasi Facebook setelah berbagai berita miring muncul, termasuk informasi yang salah tentang platformnya, kegagalan moderasi konten, dan pengungkapan efek negatif produknya terhadap kesehatan mental beberapa pengguna.

Pada kesempatan yang sama, Facebook memamerkan serangkaian video konsep yang menyoroti visinya untuk metavere. Seperti mengirim gambar holografis diri Anda ke konser dengan seorang teman yang hadir dalam kehidupan nyata, kemudian duduk di sekitar meja rapat virtual dengan rekan kerja jarak jauh, atau bermain game dengan teman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya