Perubahan Nama Facebook ke Meta Jadi Sindiran Warganet Twitter

Logo Meta.
Sumber :
  • About Facebook

VIVA – Akhirnya, nama perusahaan induk Facebook resmi berubah menjadi Meta. CEO Facebook Mark Zuckerberg secara resmi mengumumkan perubahan nama tersebut pada Kamis (28/10/2021) waktu Amerika Serikat pada konferensi tahunan Connect.

Tega! Ayah di Medan Jual Anaknya Usia 11 Bulan Rp 15 Juta di Facebook

Alasan Nama Facebook Berubah Jadi Meta

Menurut Zuckerberg, perubahan nama perusahaannya itu dilakukan untuk mencerminkan tujuan besar yang tengah dibangun perusahaan miliknya. Sebagaimana diketahui, Facebook saat ini memang tengah gencar menggaungkan istilah "Metaverse" yang menggabungkan dunia nyata dengan virtual. 

Terpopuler: Harga iPhone di iBox Naik, Modus Peretasan WhatsApp dari Facebook

Meski demikian, perubahan nama ini tidak berlaku dan tidak memengaruhi nama produk media sosial lainnya yang ada di bawah Meta. Nama "Facebook" masih akan tetap digunakan untuk jejaring sosialnya seperti Instagram, WhatsApp, dan lainnya. 

Selain itu, Facebook juga memastikan bahwa struktur perusahaannya tidak akan berubah dan akan tetap seperti sebelumnya. Sebagai catatan, perubahan nama ini mirip dengan yang dilakukan oleh Google beberapa tahun lalu.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Waktu itu, Google melakukan restrukturisasi dengan mendirikan Alphabet sebagai perusahaan dengan kedudukan yang lebih tinggi dan menjadi induk Google serta perusahaan besar lainnya.

Nama Meta dipilih Zuckerberg karena mewakili harapan masa depan usai melewati sejumlah masalah di jagat media sosial. Rebranding tersebut diharapkan bisa memperkuat posisi raksasa media sosialnya di dunia baru Metaverse, yang dipandang Zuckerberg sebagai masa depan internet.

CEO Facebook itu berpikir bahwa ada banyak kebingungan dan kecanggungan tentang merek perusahaan menjadi merek salah satu aplikasi media sosial. Perubahan ini sangat membantu orang untuk berhubungan dengan perusahaan yang berbeda dari hubungannya dengan salah satu produk tertentu.

Sementara itu, dia mengakui bahwa asal usul kata Metaverse adalah "penipu". Zuckerberg mencoba mengklaim kembali Metaverse sebagai ide utopis yang akan membuka aktivitas ekonomi barang dan jasa virtual.

Perubahan Nama Meta Menjadi Sindiran Warganet di Twitter

Meski demikian, perubahan nama itu malah menjadi bahan candaan dan sindiran warganet di jejaring sosial. Bahkan, kata Meta menjadi trending topik untuk teknologi saat ini (29/10/2021).

Kata “Meta” sedang trending di twitter dengan jumlah tweet sebanyak 679 ribu lebih. Komentarnya pun beragam. Tidak hanya sindiran melalui kata-kata, bahkan gambar CEO facebook itu pun juga menjadi bahan candaan.

“Kowe meta, aku metu. Njuk akdewe meta metu,”cuitan warga twitter.

“Facebook aja udah ganti nama jadi Meta, masa kita udah lama ga ganti status,”tweet lainnya.

“Meta janji meta jaga,”cuit lainnya.

“Facebook tukar nama tu supaya senang nanti, kalau down lagi dia dah bagitau siap2 “metadeh”… tak sangka Mark orang Kelantan,”tweet lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya