Astronot Wajib Pakai Popok

Popok astronot.
Sumber :
  • Space Station Explorers

VIVA – Misi reguler kembalinya astronot dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) ke Bumi sudah beberapa kali tertunda. Padahal, jadwal mereka kembali seharusnya pada akhir Oktober kemarin. Jadwal terbaru dikabarkan pada Senin hari ini, 8 November 2021.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Awak pesawat luar angkasa Crew Dragon milik SpaceX tidak dapat menggunakan toilet selama perjalanan ke Bumi, menurut astronot Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), Megan McArthur. Oleh karena itu mereka wajib menggunakan popok.

McArthur mengatakan bahwa situasinya kurang optimal tetapi 'dapat dikelola dengan baik'. “Spaceflight penuh sama tantangan kecil. Ini hanya satu dari sekian banyak yang akan kita temui dan urus dalam misi luar angkasa. Jadi, kami tidak terlalu mengkhawatirkannya," kata dia, seperti dikutip VIVA Tekno dari Sputniknews.

Dokter Boyke Ungkap Ada Fetish Nyleneh, Terangsang Jika Cium Popok Bayi

Manajer misi kemudian memutuskan untuk membawa McArthur dan krunya kembali ke Bumi sebelum mengirim pengganti mereka ke ISS. Peluncuran Crew Dragon milik SpaceX sudah tertunda lebih dari satu minggu.

Sebelumnya, kru Crew Dragon mengungkapkan ada kerusakan sistem toilet di pesawat ruang angkasa. Masalahnya ditemukan selama penerbangan September lalu pada misi Inspiration4. Cacat serupa juga ditemukan pada Crew Dragon yang terbang ke ISS pada April tahun ini.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

SpaceX menemukan bahwa selang di toilet terputus dan cairan masuk ke ventilasi. Karena khawatir akan terjadi korosi maka diputuskan untuk mematikan sistem pada toilet.

Setelah menganalisa masalah yang terjadi, maka SpaceX telah meng-upgrade toilet Crew Dragon. Para insinyur mengganti sambungan tabung dengan konstruksi yang seluruhnya dilas. Sebelumnya, orang terkaya di dunia Elon Musk mengatakan bahwa perjalanan ke luar angkasa memiliki tantangan ketika astronot menggunakan toilet.

Ia tidak merinci apa masalah yang terjadi pada toilet itu, tapi cuma bilang akan meningkatkan fungsi toilet untuk misi luar angkasa di masa depan, sehingga kejadian yang lalu tidak akan terulang.

Elon Musk juga sudah bertemu kru Inspiration4 usai mereka mendarat di Florida, Amerika Serikat (AS). Sebelum misi berjalan ada banyak diskusi tentang seberapa baik toilet di kapsul Crew Dragon milik SpaceX yang membawa empat kru. Toilet pun terletak tepat di bawah jendela yang besar. Artinya, para kru dapat melihat ke luar angkasa saat mereka buang air kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya