8 Tips memilih HP Android Berkualitas, Tidak Banyak yang Tahu!

Ilustrasi Android.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tips memilih HP Android yang berkualitas seyogyanya diketahui oleh semua masyarakat, karena Android merupakan jenis ponsel yang banyak digunakan saat ini. Selain itu, era tahun 90-an, ponsel dikategorikan menjadi kebutuhan tersier atau barang mewah dengan harga yang cukup tinggi. Hanya untuk kalangan atas saja yang bisa memilikinya.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Tapi, berbeda dengan era tahun sekarang, ponsel sudah sangat mudah ditemui dan dimiliki hampir seluruh kalangan. Hal ini tak terlepas dari berkembangnya teknologi sehingga membuat begitu banyak ponsel dengan berbagai merek, tipe, dan juga harga.

HP bukan hanya berfungsi sebagai sarana untuk berkomunikasi melalui suara atau short message (SMS). Lebih jauh dari itu, ponsel juga berfungsi sebagai salah satu sarana hiburan, penyimpanan data, sampai menjadi media pembelajaran online. Tak heran penjualan HP saat ini meningkat sangat drastis.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Namun, banyak yang bingung saat akan membeli ponsel yang baru terutama untuk Android. Banyaknya tawaran dari sales penjual HP membuat kamu bingung dan harus berpikir ekstra tentang ponsel mana yang harus dipinang. Nah, agar kamu tidak salah memilih, sebaiknya mempertimbangkan tips memilih hp Android yang berkualitas berikut ini.

Lantas, Bagaimana Tips Memilih HP Android yang Berkualitas?

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

1. Sesuaikan dengan Budget

Tips memilih HP Android yang berkualitas pertama yang harus diketahui adalah sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Karena, dengan menetapkan budget akan bermanfaat untuk mempersempit cakupan opsi yang nantinya akan dipilih, sehingga kamu tidak akan kebingungan dalam hal memilih merek dan tipe yang ditawarkan.

Biasanya terdapat tigas kelas ponsel yang beredar, yaitu dari harga 1-2 juta (entry level) harga 3-5 juta (mid range), dan up to 8 juta (flashgip). Semakin tinggi harga dari sebuah ponsel, maka akan diiringi pula dengan fitur yang semakin lengkap.

Tapi, bukan berarti kamu harus memaksakan diri membeli HP dengan harga yang mahal. Sebab, banyak juga ponsel murah yang mempunyai kelengkapan dan spesifikasi yang tidak kalah keren.

2. Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

Ketika kamu akan membeli sesuatu, maka belilah karena kamu memang membutuhkannya. Bukan hanya untuk keinginan semata, terlihat gaya, atau hanya ikutan trend yang sedang naik. Biasanya setiap orang membutuhkan ponsel dengan kualitas kamera yang mumpuni untuk digunakan dalam foto atau video.

Umumnya mereka juga berprofesi sebagai konten kreator. Lain lagi dengan para gamers, ponsel yang dipilih adalah yang mempunyai ketahanan baterai dan RAM besar. Sementara itu, untuk para pelajar, cukup ponsel dengan harga yang ramah kantong dan bisa mengakses Zoom meeting serta WhatsApp.

3. Ukuran Layar

Sebenarnya tidak ada ukuran ideal layar ponsel untukmu. Karena ini bergantung pada ukuran tangan dan juga panjang jari. Apabila tangan kamu cukup lebar, maka HP dengan layar 6 inci atau lebih akan pas untuk dipakai.

Tapi, bila ponsel akan diberikan kepada anak-anak atau remaja, dianjurkan untuk memilih ponsel dengan ukuran layar 5 inci. Hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih layar adalah screen to body untuk meningkatkan kenyamanan ketika digunakan sehari-hari.

4. Ketahui Spesifikasi

Supaya tidak kecewa ketika membeli ponsel baru, maka kamu mesti mengetahui dengan paham dari spesifikasi ponsel. Mulai dari jumlah prosesor, kapasitas RAM, penyimpanan internal, baterai, dan konektivitas yang terdiri atas Bluetooth, WIFI, USB, dan lain sebagainya. Kamu dapat membandingkan satu merek dengan merek yang lain guna mengetahui spesifikasi tersebut.

5. Desain dan Kualitas Material

Berbicara mengenai desain, sebetulnya ini balik lagi pada masalah selera setiap orang. Tapi, jika berbicara tren yang ada pada saat ini, HP kekinian biasanya memakai desain layar ponsel tanpa bezel dan ada juga ponsel yang tanpa poni.

Sebab, dengan memilih desain ponsel yang lebih kekinian, tentunya tampilan ponsel akan lebih modern. Meskipun dari segi fungsi belum tentu sesuai dengan kebutuhan dari pemakai. Jika kamu memilih ponsel kelas menengah, maka desain dan material ini menjadi sangat penting dan harus mendapatkan perhatian.

6. Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi yang ada di dalam ponsel Android akan menentukan apakah ponsel bisa berjalan dengan baik dan menyala. Sebab, semakin tinggi versi dalam sistem operasi, maka fitur yang di dalam ponsel ini akan semakin baru. Ketika memilih ponsel berkualitas, coba untuk memakai OS dengan versi terbaru supaya memberikan kenyamanan terbaik untuk ponsel kamu.

7. Lakukan Pemeriksaan

Pada saat kamu sudah menemukan ponsel yang diinginkan, maka jangan terburu-buru untuk meninggalkan toko penjualan ponsel. Lakukan beberapa pemeriksaan yang dimulai dari pemeriksaan fisik, suara, layar, jaringan internet, dan juga baterai. Walaupun ada garansi, tentunya kamu tidak ingin membeli ponsel dalam keadaan rusak atau ada yang kurang.

8. Jangan Terburu-buru Membeli

Ada baiknya kamu jangan membeli ponsel yang baru saja rilis di pasaran. Hal ini karena sudah pasti bahwa harga ponsel yang baru dirilis akan sangat tinggi. Oleh karen itu, tahanlah diri kamu beberapa waktu, sebab biasanya harga yang dipatok akan mengalami penurunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya