Penelitian Obat Diabetes Baru Membuahkan Hasil

Ilustrasi laboratorium.
Ilustrasi laboratorium.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Daewoong Pharmaceutical mengaku berhasil menjalani tahapan uji klinis untuk pengobatan diabetes, dan semakin dekat untuk meluncurkan produk obat terbaru.

Belum lama ini, CEO perusahaan yakni Jeon Seung-ho mengumumkan hasil dari monoterapi Enavogliflozin dan terapi kombinasi metformin, obat diabetes baru dengan mekanisme penghambatan SGLT-2.

Peneliti utama perusahaan, Profesor Park Kyung-soo dari Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul dan peneliti dari 22 institusi berpartisipasi dalam uji klinis fase 3 monoterapi ini.

Sebanyak 160 pasien dengan diabetes tipe 2 dilakukan penelitian dengan cara multi-organ, acak, tersamar ganda, terkontrol plasebo, dan konfirmasi terapeutik.

Sebagai hasil konfirmasi titik akhir primer, perbedaan jumlah perubahan HbA1c (HbA1c) antara kelompok Enavogliflozin dan kelompok plasebo pada 24 minggu setelah penerapan obat uji klinis adalah 0,99 persen.

Uji klinis kombinasi metformin dilakukan pada 200 pasien diabetes tipe 2 yang memiliki kontrol gula darah yang
tidak mencukupi dengan metformin, dengan partisipasi peneliti dari 23 institusi, termasuk Profesor Yun Geon-ho dari Rumah Sakit St. Mary Seoul.

Gedung Daweoong

Gedung Daweoong

Photo :
  • Daewoong Pharmaceutical