10 Fakta Planet Pluto yang Dianggap Kerdil

Pluto.
Sumber :
  • Space.com

VIVA – Fakta planet pluto, yang pernah dianggap sebagai planet kesembilan dan terjauh dari matahari, sekarang menjadi planet kerdil terbesar yang diketahui di tata surya. Itu juga salah satu anggota terbesar yang diketahui dari Sabuk Kuiper, zona bayangan di luar orbit Neptunus yang diperkirakan dihuni oleh ratusan ribu es berbatu yang meluas 62 mil atau 100 kilometer, bersama dengan 1 triliun komet bahkan lebih

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Pada tahun 2006, Pluto direklasifikasi sebagai planet kerdil, perubahan yang secara luas dianggap sebagai penurunan pangkat. Pertanyaan tentang fakta planet Pluto telah menarik kontroversi dan memicu perdebatan di komunitas ilmiah, dan di antara masyarakat umum, sejak saat itu.

Pada tahun 2017, sebuah kelompok sains termasuk anggota misi New Horizon mengusulkan definisi baru keplanetan berdasarkan benda bulat di ruang angkasa yang lebih kecil dari bintang, yang akan membuat jumlah planet di tata surya kita bertambah dari 8 menjadi sekitar 100.

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Astronom Amerika Percival Lowell pertama kali menangkap petunjuk keberadaan Pluto pada tahun 1905 dari penyimpangan aneh yang diamati di orbit Neptunus dan Uranus, menunjukkan bahwa gravitasi dunia lain menarik kedua planet ini dari luar.

Lowell meramalkan lokasi planet misteri pada tahun 1915, tetapi meninggal tanpa menemukannya. Pluto akhirnya ditemukan pada tahun 1930 oleh Clyde Tombaugh di Observatorium Lowell, berdasarkan prediksi Lowell dan astronom lainnya.

Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Putusnya dengan Nikita Mirzani, Rizky : Nanti Saya Buka Boroknya

Pluto mendapatkan namanya dari Venetia Burney yang berusia 11 tahun dari Oxford, Inggris, yang menyarankan kepada kakeknya bahwa dunia baru mendapatkan namanya dari dewa Romawi di dunia bawah. Kakeknya kemudian meneruskan nama itu ke Observatorium Lowell. Nama itu juga untuk menghormati Percival Lowell, yang inisialnya adalah dua huruf pertama Pluto.

Pluto mungkin merupakan planet kerdil tetapi ada banyak hal yang membuatnya unik. Misalnya, planet membutuhkan 248 tahun untuk membuat satu orbit. Itu juga berada di bidang yang berbeda dari planet lainnya, orbitnya berada pada kemiringan 17 derajat. 

Orbitnya juga membawanya lebih dekat ke matahari daripada Neptunus kadang-kadang, menjadikannya planet kedelapan, bukan kesembilan. Meskipun merupakan batuan yang tandus, Pluto juga kadang-kadang mengembangkan atmosfer

Saat bergerak lebih dekat ke matahari, es di permukaannya mulai mencair, menyublim menjadi gas karbon monoksida, nitrogen, dan metana, menciptakan semacam atmosfer. Saat bergerak menjauh dari bintang asal kita, gas-gas itu membeku lagi, jatuh kembali ke permukaan.

Ini membawa kita ke akhir eksplorasi lingkungan surgawi kita. Tata surya kita membentang di luar planet-planet, melalui Sabuk Kuiper dan Awan Oort, sampai ke tepi heliosfer sebelum kita mulai menuju ruang antarbintang. 

Ada begitu banyak alam semesta yang bahkan belum bisa kita jelajahi, dan ada banyak hal menakjubkan di luar sana yang menunggu untuk ditemukan. Berikut beberapa fakta planet pluto yang mungkin belum anda ketahui, seperti dikutip dari Space dan Revolutionized, sebagai berikut:

1. Berputar Mundur

Sinar-X mengelilingi Pluto.

Photo :
  • U-Report

Fakta planet Pluto pertama, di Pluto matahari terbit di barat dan terbenam di timur, kebalikan dari apa yang dilakukannya di bumi. Itu karena fakta bahwa ia, bersama dengan Venus dan Uranus, berputar secara retrograde, tidak seperti planet-planet lain di tata surya.

2. Planet Kedelapan

Pluto.

Photo :
  • Space.com

Fakta planet pluto selanjutnya, Pluto tidak selalu berada di pinggiran tata surya. Orbitnya sangat eksentrik sehingga berkisar antara 4,4 miliar hingga 7,3 miliar kilometer dari Matahari. Terkadang, itu berarti lebih dekat ke matahari daripada Neptunus, dan menjadikannya planet kedelapan.

3. Planet Selama 76 Tahun

Foto Pluto yang dirilis NASA

Photo :
  • NASA

Fakta planet Pluto selanjutnya, Para astronom menemukan Pluto pada tahun 1930 dan selama 76 tahun, itu adalah planet ke-9 di tata surya kita. Sayangnya, pada tahun 2006 ia kehilangan gelar itu ketika IAU mengubah definisi planet. Itu masih dianggap sebagai planet kerdil, dan siapa pun yang dibesarkan untuk menghafal sembilan planet di tata surya masih menganggapnya sebagai planet yang berdiri sendiri.

4. Kami Pernah Berkunjung ke Pluto Sekali

Astronot.

Photo :
  • Innovation News Network

Fakta planet pluto yang keempat, Kami belum mengirim banyak pesawat ruang angkasa untuk menjelajahi bagian terluar tata surya, tetapi kami pernah ke Pluto sekali. NASA meluncurkan New Horizons pada tahun 2006 dan mencapai planet kerdil pada tahun 2015, mengirimkan kembali beberapa gambar terbaik Pluto hingga saat ini. Ia bahkan menemukan dataran besar berbentuk hati di permukaan planet, yang membuat kami semakin mencintai Pluto.

5. Objek Terbesar di Sabuk Kuiper

Ilustrasi permukaan planet Pluto yang dibuat dengan komputer

Photo :
  • nationalgeographic.com

Fakta planet pluto, Pluto mungkin dianggap sebagai planet kerdil di tata surya kita, itu adalah objek terbesar di Sabuk Kuiper, bagian dari wilayah Trans-Neptunus yang membentuk segala sesuatu di luar planet Neptunus. Ada sejumlah planet kerdil lainnya di Sabuk Kuiper, tetapi Pluto saat ini adalah yang terbesar.

6. Memiliki Atmosfer

Ilustrasi permukaan planet Pluto yang dibuat dengan komputer

Photo :
  • nationalgeographic.com

Fakta planet pluto, Sebagian besar bulan Pluto berukuran kecil, tetapi Charon sangat besar sehingga beberapa ahli menganggap Pluto dan Charon sebagai satu-satunya sistem planet ganda di tata surya. 

Mereka juga saling mengunci pasang surut, yang berarti permukaan yang sama dari setiap benda planet saling berhadapan setiap saat. Charon mengorbit Pluto setiap 6,4 hari sekali.

10. Astronom Memprediksi Pluto Sudah Ditemukan Pada Tahun 1915

Clyde W. Tombaugh, penemu Pluto

Photo :
  • www.telegraph.co.uk

Fakta planet pluto, Seorang astronom bernama Percival Lowell mulai melihat petunjuk bahwa mungkin ada planet lain di luar Neptunus pada tahun 1905. Dia meramalkan keberadaan Pluto pada tahun 1915, tetapi sayangnya meninggal sebelum dia dapat membuat penemuan resmi. Kami tidak menemukan Pluto sampai tahun 1930, 15 tahun setelah prediksi awal Lowell.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya