10 Keajaiban yang Benar Terjadi dan Tidak Bisa Dijelaskan Sains

Kilatan bola cahaya.
Sumber :
  • unbelievable-facts.com

VIVA – Sains adalah salah satu cara kita memahami dunia di sekitar kita. Beberapa bahkan mungkin mengatakan itu merupakan cara paling rasional untuk mencari tahu bagaimana segala sesuatunya bekerja di alam semesta yang tidak dapat dipahami. Tetapi bahkan sains tidak memiliki semua jawaban sepanjang waktu. Sementara para peneliti mendedikasikan diri mereka untuk memberikan penjelasan, kita semua mendapat kesempatan untuk berspekulasi liar dan menghasilkan hipotesis kita sendiri yang mungkin salah, namun sebagian besar menyenangkan. Berikut keajaiban yang benar terjadi dan tidak bisa dijelaskan oleh sains yang dikutip dari unbelievable-facts.com.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

1. Sabuk Kuiper di luar Neptunus

Sabuk Kuiper di luar Neptunus, tiba-tiba ada penurunan tak terduga dalam kepadatan batuan es. Para ilmuwan berpikir itu mungkin planet ke-9 misteri yang menyebabkan kepadatan batuan di wilayah ini turun begitu tiba-tiba, tetapi mereka belum dapat menemukannya.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Sabuk Kuiper adalah piringan batu es di luar delapan planet di tata surya kita. Menurut model teoritis, kepadatan batuan es di luar 50 unit astronomi harus meningkat. Tapi sebaliknya adalah benar. Sabuk Kuiper berakhir secara tiba-tiba, sehingga wilayah di luarnya dikenal sebagai Tebing Kuiper. 

Para ilmuwan belum menemukan alasan mengapa wilayah yang mengandung batuan es ini berakhir begitu tiba-tiba. Satu penjelasan yang telah diajukan adalah bahwa ada planet ke-9 seukuran Bumi di wilayah yang menyebarkan bebatuan es yang kita harapkan akan ditemukan di sana dengan gaya gravitasinya. Namun, para astronom belum menemukan sesuatu yang menyerupai planet ke-9 hipotetis ini.

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"

2. Sungai Brule di Minnesota terbelah

Sungai Brule di Minnesota terbelah menjadi dua air terjun sebagai akibat dari singkapan batuan riolit. Satu air terjun mengaliri Danau Superior. Ahli geologi tidak yakin di mana air di air terjun lainnya berakhir. Ini disebut "Air Terjun Ketel Setan," dan beberapa orang mungkin mengatakan bahwa Iblis sedang bekerja di sini, tetapi ahli geologi terus menggunakan sains dalam pencarian mereka untuk separuh air terjun lainnya. Alasan mengapa kita tidak bisa hanya mengamati ke mana air itu mengalir adalah karena air itu turun ke kedalaman gua besar yang disebut "Ketel Setan". 

Dugaan yang jelas adalah bahwa air bergabung dengan Danau Superior di beberapa titik. Namun, para ilmuwan belum bisa membuktikannya. Mereka telah mencoba menuangkan pewarna dan melemparkan kayu gelondongan ke dalam Devil's Kettle, tetapi tidak ada tanda-tanda hal ini yang kemudian terlihat di Danau Superior. Para ilmuwan berencana menggunakan metode jejak pewarna untuk mengikuti jejak air selama periode volume rendah untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Sebuah teori alternatif menunjukkan bahwa air menyedot ke tabung lava bawah tanah kuno. 

3. Kilatan bola cahaya

Kilatan bola cahaya

Photo :
  • unbelievable-facts.com

Selama badai petir, bola cahaya dengan masa hidup di bawah lima detik telah diamati melayang-layang. Petir bola, demikian sebutannya, telah dibantah oleh beberapa ilmuwan, tetapi frekuensi penampakan dan bukti lain memaksa mereka untuk memberikan penjelasan atas fenomena tersebut.

Petir bola adalah fenomena listrik yang tercatat sejauh mitologi Argentina. Laporan saksi mata tentang kilatan bola mulai dari yang aneh hingga yang menakutkan. Beberapa menggambarkannya sebagai bola kilat fana yang bergerak ke atas dan ke bawah atau ke samping saat melayang. Yang lain mengklaim bola bergerak seperti mereka memiliki semacam kecerdasan yang memandu gerakan mereka karena mereka terlihat memasuki rumah melalui pintu dan melintasi lorong. 

Ingatan ini dapat dengan mudah rusak atau dibumbui, tetapi para ilmuwan belum mencapai konsensus tentang apa yang menyebabkan perilaku paling mendasar dari bola petir, seperti umurnya yang pendek dan bau yang sering menyertainya. Penjelasan yang diajukan termasuk hipotesis bahwa bola petir membakar silikon yang menguap dan bahwa radiasi gelombang mikro berinteraksi dengan udara terionisasi.

4. The Great Attractor

Sebuah objek besar yang disebut "The Great Attractor" sedang menarik Bima Sakti ke arahnya sendiri dengan gaya gravitasi sebesar satu juta miliar Matahari. Para ilmuwan tidak memiliki penjelasan untuk tarikan gravitasi yang sangat besar yang mampu menarik objek dengan kecepatan 14 juta mil per jam.

The Great Attractor adalah objek surgawi besar yang terletak di Supercluster Laniakea. Tidak banyak tubuh di sekitarnya di mana Penarik Hebat tidak memiliki efek. Galaksi Bima Sakti kita sendiri tidak kebal terhadap efeknya. Galaksi bergerak menuju objek misterius di luar angkasa ini seolah-olah berada di bawah pengaruh satu juta miliar matahari. Karena posisi piringan galaksi Bima Sakti, para ilmuwan belum dapat mengamati Penarik Hebat dengan jelas. 

Apa yang mereka yakini adalah bahwa itu bukan lubang hitam karena bahkan jenis yang paling masif pun tidak akan memiliki efek ini pada galaksi. Apa yang kita ketahui adalah bahwa Bima Sakti pasti meluncur menuju Penarik Besar dengan kecepatan 14 juta mil per jam, jadi kita ditakdirkan untuk menemuinya di beberapa titik di masa depan kita bahkan jika kita tidak tahu banyak tentangnya. 

5. Sofa terbesar

Berapa ukuran sofa terbesar yang bisa kamu dapatkan di sekitar sudut sempit dari lebar unit? Bahkan matematikawan tetap bingung dengan pertanyaan itu. Sepertinya masalah yang cukup sederhana untuk dipahami yang tidak terjadi dengan banyak pertanyaan besar dalam matematika saat ini. Pertanyaan awal diajukan oleh Leo Moser pada tahun 1966 dengan menggunakan terminologi matematika yang agak menjemukan: "berapa bentuk area terbesar pada bidang yang dapat dipindahkan di sekitar sudut siku-siku di lorong dua dimensi dengan lebar 1?" 

Asumsikan bahwa bentuk yang dimaksud adalah sofa, dan tiba-tiba matematika secara tak terduga memiliki konsekuensi dunia nyata. Banyak yang mampu menghasilkan bentuk besar yang sesuai dengan persyaratan, tetapi tidak ada yang dapat membuktikan secara meyakinkan bahwa mereka telah menemukan yang terbesar. Bentuk terbesar yang saat ini sesuai dengan tagihan disebut "Sofa Gerver," dan terlihat seperti dua lemon yang terhubung satu sama lain.

6. Ada kehidupan di Mars

Ada kehidupan di Mars

Photo :
  • unbelievable-facts.com

Pada Juli 1976, para pendarat Viking mendeteksi gas yang mengandung karbon 14 di tanah Mars yang merupakan bukti kehidupan organik. Namun, instrumen lain yang dibuat untuk mendeteksi molekul organik tidak menemukan apa pun. Sumber karbon-14 yang terdeteksi oleh para pendarat tetap menjadi misteri.

Data yang dikumpulkan dari ekspedisi yang lebih baru menunjukkan bahwa Mars memiliki permukaan yang basah di masa lalunya, jadi kemungkinan itu ramah bagi kehidupan di beberapa titik. Ketika pendarat Viking mendeteksi metana yang mengandung karbon-14 di tanah Mars, para ilmuwan NASA sangat gembira karena itu adalah tanda pasti kehidupan di planet ini. 

Tapi perayaan itu berumur pendek karena instrumen lain dengan sensor untuk mendeteksi molekul organik tidak menemukan tanda-tanda positif itu sendiri. Beberapa dengan cepat menyebut temuan pendarat sebagai positif palsu, tetapi bukti menunjukkan sebaliknya. Seorang peneliti USC menemukan bahwa emisi tersebut mengandung data yang mengarah pada ritme sirkadian, yang merupakan tanda kehidupan yang kuat. Namun, para ilmuwan masih belum yakin apa yang menyebabkan potongan informasi yang kontradiktif dikumpulkan di Mars pada tahun 1976.

7. Sepeda yang bergerak tetap stabil meskipun tidak ada orang yang mengendarainya

Ada berbagai hipotesis tentang mengapa ini terjadi, tetapi tidak ada teori yang diterima secara luas. Sepeda yang bergerak adalah misteri sampai kamu mengetahui cara mengendarainya. Sejak saat itu, Kamu tidak akan pernah lupa cara mengemudikannya. Namun yang menjadi misteri adalah bagaimana sepeda bisa tetap stabil saat bergerak meskipun tidak ada orang yang mengendarainya. 

Apa yang mendorong sepeda, dalam hal ini, adalah dorongan. Setelah kamu memberikan momentum awal itu, sepeda dapat mengoreksi goyangan apa pun dan menstabilkan diri untuk mengarahkan diri dengan mulus. Mereka akhirnya melambat dan jatuh, tentu saja, tetapi selama energi dari dorongan awal tersedia, sepeda tampaknya dapat menjaga dirinya tetap stabil. Para ilmuwan memiliki teori yang bersaing tentang mengapa ini terjadi, dan tangan tak terlihat yang memegang sepeda bukanlah salah satunya. 

8. Air di tiga danau kawah di Gunung Kelimutu di Indonesia beberapa kali berubah warna

Gunung kelimutu Indonesia

Photo :
  • U-Report

Apa yang membuat pengamatan lebih menarik adalah bahwa mereka semua terletak di puncak formasi vulkanik yang sama. Namun, air di masing-masing dari ketiga danau itu bisa menjadi tiga warna berbeda pada waktu tertentu. Bukan hanya itu, warna-warna tersebut tampak berubah sangat cepat tanpa alasan yang jelas. 

Kelimutu adalah gunung berapi aktif, sehingga para ahli geologi tampaknya berpikir bahwa mineral di bebatuan ada hubungannya dengan perilaku yang berubah-ubah dan berubah warna. Reaksi kimia ini mengubah air menjadi setiap warna dari coklat ke hijau menjadi hitam. Namun, tidak ada peneliti yang dapat memberikan penjelasan yang dapat diterima tentang apa yang menyebabkan hal ini. Penduduk setempat percaya bahwa arwah orang mati berkumpul di salah satu dari tiga danau tergantung pada usia mereka.

9. Cara kerja EM Drive yang revolusioner

NASA telah merilis makalah tentang cara kerja EM Drive yang revolusioner, tetapi para ilmuwan masih belum dapat menjelaskan bagaimana ia menentang Hukum Ketiga Newton tentang Gerak. Tidak seperti mesin tradisional, penggerak elektromagnetik atau, Penggerak EM, bergantung pada gelombang mikro daripada propelan. Itu membuatnya menjadi metode propulsi tanpa bahan bakar, artinya tidak ada bahan bakar yang dikeluarkan dari mesin untuk menciptakan propulsi. 

Masalah dengan EM Drive lebih bersifat teoritis daripada praktis. NASA sendiri telah merilis makalah peer-review tentang fungsinya, tetapi para ilmuwan telah dibuat bingung oleh bagaimana tampaknya menentang Hukum Ketiga Newton tentang Gerak: "Setiap tindakan memiliki reaksi yang sama dan berlawanan". Dalam kasus Drive EM, ada aksi roket lepas landas, tetapi tidak ada reaksi sebaliknya. Keberadaan moda transportasi semacam itu telah membuat para ilmuwan mempertanyakan dasar-dasar sains modern.

10. Monster Tully

Monster Tully

Photo :
  • unbelievable-facts.com

Para ilmuwan tampaknya tidak sepakat tentang bagaimana mengklasifikasikan hewan purba yang disebut "monster Tully." Makhluk itu tampaknya memiliki berbagai fitur yang bisa membuatnya menjadi vertebrata atau invertebrata. Monster Tully termasuk dalam genus yang disebut Tullimonstrum dan diyakini telah menghuni bagian Amerika Serikat saat ini sekitar 300 juta tahun yang lalu. Ratusan fosil hewan telah ditemukan. Meskipun sejumlah besar sampel tersedia bagi para ilmuwan untuk dipelajari, mereka tidak dapat mengklasifikasikan monster Tully sebagai vertebrata atau invertebrata. 

Alasan untuk ini adalah bahwa tubuh monster Tully adalah penjajaran fitur yang diamati pada vertebrata dan invertebrata. Hewan itu memiliki sirip, tangkai mata, dan rahang di ujung embel-embel seperti tongkat. Tim peneliti yang berbeda telah sampai pada kesimpulan yang berbeda berdasarkan studi mereka terhadap fosil. Pria yang memberi nama hewan itu, Francis Tully, menyebut ketidakmampuannya untuk mengklasifikasikan makhluk aneh itu sebagai "masalah serius dan memalukan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya