25 Pemprov Manfaatkan Layanan Marketplace Ini

LKPP.
Sumber :
  • Fikri Halim / VIVA.co.id

VIVA – Aplikasi e-marketplace business-to-business Mbizmarket untuk pengadaan barang dan jasa milik PT Brilliant Ecommerce Berjaya, kini telah digunakan oleh lebih dari 25 pemerintah provinsi di Indonesia. Platform tersebut ditargetkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh provinsi di Tanah Air, pada akhir tahun ini. 

Polisi Ungkap Mahasiswa STIP Jakarta Dianiaya hingga Tewas Bukan saat Kegiatan Resmi

Ekosistem penjual dan pembeli, jumlah transaksi, dan jumlah produk di platform tersebut mengalami pertumbuhan secara organik yang signifikan, yakni berkisar 500 hingga 2.000 persen pada 2021, dibandingkan dengan pencapaian sepanjang tahun sebelumnya.

“Kami telah menyiapkan berbagai program untuk mendukung UMKM, seperti bimbingan teknis dan pelatihan bagi pelaku usaha di daerah, sehingga mereka bisa memasarkan produk-produk lokal melalui Mbizmarket,” ujar CEO Mbizmarket, Rizal Paramarta melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 24 Februari 2022.

Jasad Dalam Koper Ditemukan di Bali, Wanita Michat Asal Bogor Dibunuh Pelanggan

BEB juga telah bekerja sama dengan Investree, menghadirkan fitur pengajuan pinjaman modal yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM yang telah bergabung di ekosistem mereka, supaya bisa mengembangkan dan memperlancar usahanya.

“Hal ini  merupakan komitmen kami, untuk turut mendukung upaya pemerintah mengoptimalkan pengadaan produk lokal melalui pemberdayaan UMKM yang dapat mengakses pendanaan berbasis teknologi,” tuturnya.

Kata-kata Terakhir Rini Sebelum Tewas Dibunuh Lalu Mayatnya Dimasukkan dalam Koper

Provinsi Jawa Barat menjadi pionir dalam pemanfaatan Mbizmarket, diikuti oleh Provinsi Bali pada Juli 2020, Jawa Timur pada Oktober 2020, dan menyusul provinsi lainnya. Sejumlah penghargaan juga telah diterima oleh provinsi tersebu,t atas inovasi dalam pengadaan melalui pemanfaatan platform itu.  
Pemanfaatan e-marketplace Mbizmarket kini telah menjadi tren di kalangan Pemerintah Daerah. Selain Provinsi Jawa Barat, Bali, dan Jawa Timur, wilayah lain yang telah menggunakan Mbizmarket adalah Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Gorontalo, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Kalimantan Selatan.

Kemudian Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Nanggroe Aceh Darussalam  serta Provinsi Sulawesi Barat.

Mbizmarket juga telah resmi terdaftar di Bela Pengadaan, yang merupakan bagian kanal dari Toko Daring yang dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP sejak November 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya