5 Cara Cek IP Address Semua Perangkat Elektronik dengan Mudah

Ilustrasi Konfigurasi IP Address.
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Cara cek IP address mungkin menjadi hal yang sangat berguna terutama ketika kamu akan masuk ke jaringan tertentu. Dengan mengetahui hal ini kamu akan memonitor dan juga mengidentifikasi perangkat yang digunakan. Cara cek IP address sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan menggunakan laptop, PC, sampai ponsel yang kamu pegang saat ini.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Ada dua jenis IP addres yang kami miliki, yaitu IP eksternal dan IP internal. Kedua sama-sama dapat diperiksa dengan cara yang sangat mudah dan sederhana. Untuk kamu yang belum pernah mencobanya, kamu akan memperoleh pengalaman menjadi seperti anak IT saat berhasil. Untuk cara cek IP addres eksternal kamu bisa memanfaatkan sejumlah situs gratis yang bisa diakses setiap saat.

Salah satu situs yang dapat digunakan adalah whatismyip.com. Saat membuka situs tersebut, secara otomatis akan memperlihatkan pemindaian pada perangkat yang kamu gunakan. Kemudian akan memperlihatkan IP address pada bagian kanan jendela tersebut dan yang diperlihatkan adalah IPv6 dan IPv4 eksternal. Nah, berikut adalah ulasan tentang cara cek IP address yang disadur dari berbagai sumber.

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Cara Cek IP Address pada Windows

Windows 11.

Photo :
  • Microsoft
Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Untuk kamu yang ingin memeriksa IP addres pada perangkat dengan sistem operasi Windows, kamu dapat memakai Command Prompt. Dalam fitur ini, kamu akan merasa seperti sedang menguasai bahasa pemograman, padahal ini merupakan prosedur yang sangat sederhana dan tidak memerlukan banyak pengetahuan layaknya seseorang yang sudah paham dengan dunia IT.

Langkahnya, kamu klik bagian Start yang biasanya berada di pojok kiri bawah berlogo Windows, kemudian ketikkan cmd dan tekan Enter. Dengan begitu, kamu akan bisa membuka Command Prompt dan dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Ketikkan ipconfig di bar yang tersedia kemudian tekan Enter. Temukan baris yang menuliskan IPv4 Address. Bila sudah, kamu akan melihat deretan angka di sebelah kode tersebut. Deretan angka ini adalah IP addres internal yang dimiliki di perangkat tersebut.

Cara Cek IP Address untuk Perangkat Mac

AutoCAD hadir untuk pengguna Macintosh

Photo :
  • dwimarni.com

Untuk yang menggunakan perangkat Macintosh, kamu juga dapat memeriksa alamat IP yang digunakan. Caranya juga tidak kalah mudah, hanya dengan mengklik logo Apple di sudut kiri atas desktop dan pilih System Preferences. Setelah itu, temukan, klik, dan pilih Network. Langkah berikutnya adalah dengan menemukan koneksi yang terhubung dengan perangkat kamu.

Bisa berupa WiFi atau ethernet kemudian klik koneksi aktif tersebut sampai muncul tanda hijau pada koneksi aktif. Kamua hanya perlu melihat di sisi kanan layar dan akan diperlihatkan tulisan ‘WiFi is connected to ............ and has the IP Address ......’. Nah, kode tersebut yang ada di belakang adalah IP Address yang dimiliki.

Cara Cek IP Address untuk Ponsel Android

Android 12.

Photo :
  • ZDNet

Untuk kamu yang menggunakan ponsel Android, setidaknya ada dua cara yang dapat digunakan untuk mengecek IP Address. Pertama, kamu dapat mengeceknya saat perangkat terhubung dengan jaringan WiFi. Buka settings kemudian pilih menu Connection dan klik WiFi. Temukan jaringan yang saat ini sudah terhubung dengan ponsel, kemudian kamu akan melihat deretan angka di sampingnya. Ini adalah IP address pada ponsel yang digunakan.

Cara kedua untuk mengetahui IP address di ponsel Android adalah dengan membuka Settings, kemudian masuk ke menu About Phone yang biasanya berada di paling bawah. Kemudian pilih status dan kamu dapat melihat informasi IP addres bersama dengan MAC address serta beberapa informasi lain tentang ponsel yang digunakan.

Cara Cek IP Addres pada iOS

iPhone 13 Pro Stealth 2.0.

Photo :
  • GSM Arena

Kemudian untuk kamu yang menggunakan ponsel iPhone atau iPad, kamu bisa langsung membuka Settings kemudian pilih WiFi. Klik pada ikon ‘I’ yang dikelilingi lingkaran di bagian kanan jaringan yang terhubung. Setelah itu, kamu bisa melihat IPv4 address dan IPv6 address di perangkat kamu.

Cara Cek IP Publik dengan Mesin Pencarian

Ilustrasi google

Photo :
  • Promise Keepers Canada

Tahukah kamu, selain melalui beberapa cara di atas, kamu juga dapat menggunakan mesin pencari Google untuk mengetahui IP Public. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu membuka Google yang akan membantu mengetahui IP eksternal dan Public secara cepat. Kemudian Google akan menampilkan IP addres dari router yang dipakai.

Setelah membuka Google, kemudian ketikkan “What is my IP” pada kolom pencarian dan kemudian tekan tombol enter. Kemudian bila sudah membuka Google dan menuliskan kata tersebut, kamu akan melihat IP addres yang berada di laman pencarian.

Manfaat Mengetahui IP Address

Ilustrasi IP Address.

Photo :
  • U-Report

Alamat IP sendiri memiliki kegunaan saat kamu terhubung dengan satu jaringan Internet atau WiFi. Kamu bisa melihat apakah perangkat kamu terhubung dengan jaringan yang benar, sesuai dengan apa yang kamu inginkan atau tidak. Tentunya, untuk urusan jaringan internet terbaik, kamu harus memilihnya dengan saksama supaya memperoleh jaringan yang cepat dan stabil.

Memakai perangkat yang terhubung ke jaringan internet tampaknya sudah menjadi bagian besar dalam kehidupan manusia modern. Banyak pekerjaan dan kegiatan yang dapat terbantu dengan kehadiran jaringan internet. Dengan kelancaran arus informasi saat ini yang dapat dinikmati oleh semua orang, tidak heran bila pengetahuan terkait dengan ini harus banyak dipahami.

Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in literasi digital

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in Literasi Digital dengan mengusung tema “Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya”.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024