10 Film Tentang Luar Angkasa Terbaik, Rasakan Pengalaman seperti Nyata

The Cloverfield Paradox (2018).
The Cloverfield Paradox (2018).
Sumber :
  • Dok.imdb

VIVA – Film tentang luar angkasa berikut ini wajib ditonton karena seru dan bikin gregetan. Dengan menonton film tentang luar angkasa ini, kamu dihadapkan dengan kesulitan yang menakutkan apalagi berpotensi mengancam nyawa.

Berikut sederet rekomendasi film tentang luar angkasa yang mengungkap berbagai cara yang dilakukan para penjelajah luar angkasa untuk mempertahankan hidupnya di tengah tekanan dan kecemasan yang dialami ketika mereka tersesat dan jauh dari peradaban manusia di Bumi.

1. Planet of the Apes (1968)

Planet of the Apes (1968)

Planet of the Apes (1968)

Photo :
  • ascmag

Disutradarai oleh Franklin J. Schafnerr, film bergenre sci-fi ini didasarkan pada novel Prancis "The Planet of the Singers" karya Pierre Boulle, yang diterbitkan sekitar 5 tahun sebelum film tersebut dirilis. Film ini merupakan terobosan dalam teknik rias wajah John Chambers, membuatnya mendapatkan Academy Award pada tahun 1969.

Film pertama dalam seri Planet of the Apes menceritakan kisah tiga astronot, Tyler (Charlton Heston), Landon (Robert Gund) dan Dodge (Jeff Burton).), yang terbangun dari hibernasi ke danau asing setelah jatuhnya pesawat. pesawat ruang angkasa mereka. Film secara ajaib berakhir ketika George menemukan Patung Liberty setengah terkubur di bawah pasir.

2. Event Horizon (1997)

Event Horizon (1997)

Event Horizon (1997)

Photo :
  • Dok.imdb

Rekomendasi film tentang luar angkasa selanjutnya ada Event Horizon. Film ini disutradarai oleh Paul W.S. Anderson dan ditulis oleh Philip Eisner. Film Event Horizon ini bergenre science fiction horror yang “menyesakkan”. Film ini berlatar di tahun 2047, ketika sekelompok astronot menjalankan misi untuk menyelidiki dan mencari keberadaan pesawat luar angkasa bernama Event Horizon beserta 18 awak penumpang di dalamnya.

Film ini kurang berhasil diterima dengan baik oleh kritikus. Meski demikian, film ini berhasil menginspirasi pembuatan film Interstellar yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Bahkan, cara Dr. Romilly menjelaskan lubang hitam di Interstellar sama dengan penjelasan oleh Weir.

3. Alien (1979)

Alien (1979)

Alien (1979)

Photo :
  • Dok.imdb

Film tentang luar angkasa selanjutnya adalah Alien. Film ini merupakan film brilian yang mengkombinasikan tema perjalanan antariksa sekaligus petualangan menjadi buruan makhluk luar Bumi atau alien. Film yang bergenre science fiction horor ini disutradarai oleh Ridley Scott. Film Alien sempat memenangkan beberapa penghargaan, salah satunya adalah piala Oscar 1980 kategori Best Effects, Visual Effects.

Film ini berkisah tentang para awak pesawat antariksa Nostromo, yakni Dallas (Tom Skerritt), Kane (John Hurt), Ripley (Sigourney Weaver), Lambert (Veronica Cartwright), dan Ashyang (Ian Holm) terbangun dalam perjalanan pulang ke Bumi setelah mereka mendeteksi adanya pesan transmisi pesan dari bulan terdekat.

4. Ad Astra (2019)

Ad Astra (2019)

Ad Astra (2019)

Photo :
  • Dok.imdb

Judul film ini berasal dari bahasa Latin, yang berarti " to the stars". Film tersebut merupakan film fiksi ilmiah yang disutradarai oleh James Gray. Film tersebut mendapat kritik dan pujian positif atas penggambaran Brad Pitt sebagai astronot bernama Roy McBride. Selain itu, film ini memenangkan kategori Efek Visual Terbaik di Penghargaan Komunitas Sirkuit 2020.

Film ini mengisahkan perjalanan Roy McBride menjelajahi ujung tata surya demi mencari keberadaan ayahnya yang terobsesi dengan pencarian kehidupan alien di luar Bumi. Di samping mencari ayahnya yang hilang, Roy juga menjalankan misi untuk menguak misteri ancaman yang berpotensi membahayakan Bumi.

5. The Cloverfield Paradox (2018)

The Cloverfield Paradox (2018).

The Cloverfield Paradox (2018).

Photo :
  • Dok.imdb

Film tentang luar angkasa yang pertama ada The Cloverfield. Film ini disutradarai oleh Julius Onah. The Cloverfield Paradox ini memiliki genre yang cukup unik, yaitu science fiction horror. Film ini berlatar tahun 2028 dan menceritakan kisah Bumi yang sedang mengalami krisis energi global. Untuk mengatasi krisis tersebut, sekelompok astronot dan teknisi dari badan antariksa dunia bersiap untuk menguji akselerator partikel di Stasiun Luar Angkasa Cloverfield di orbit Bumi.

6. Prometheus (2012)

Prometheus

Prometheus

Photo :

Film ini merupakan salah satu dari seri film Alien yang bergenre science fiction horror. Film ini disutradarai oleh Ridley Scott yang juga merupakan sutradara dari ‘The Martian’. Film Prometheus menceritakan ekspedisi luar angkasa di tahun 2093 yang dilakukan oleh Elizabeth Shaw (Noomi Rapace) beserta partnernya, Charlie Holloway (Logan Marshall-Green) menaiki wahana antariksa USCSS Prometheus.

Ekspedisi tersebut dilakukan setelah mereka menemukan peta bintang diantara artefak-artefak kuno yang diinterpretasikan sebagai undangan dari makhluk intelijen luar angkasa. Secara garis besar, film yang dirilis pertama kali di Inggris ini mendapat reaksi yang positif dan mendapat pujian atas desain, produksi, dan performa pemeran-pemerannya.

Ketika pertama kali rilis, film ini menanggung ekspektasi tinggi karena diharapkan akan menyampaikan makna kehidupan. Namun pada kenyataannya, terdapat kritik kurang baik terkait plot yang kurang jelas di dalam film dan menimbulkan banyak pertanyaan yang tidak terjawab.

7. Gravity (2013)

Film Gravity

Film Gravity

Photo :

Rekomendasi film tentang luar angkasa lainnya ada Gravity. Film ini disutradarai oleh Alfonso Cuaron yang bergenre science fiction thriller. Film ini menceritakan tentang misi luar angkasa yang dilakukan oleh Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock), seorang teknisi medik, yang didampingi oleh Matt Kowalski (George Clooney) yang merupakan astronot veteran.

Keduanya memiliki misi untuk memperbaiki Hubble Space Telescope yang sedang mengorbit Bumi. Di tengah misi perbaikan tersebut, terjadi insiden tak terduga yang menyebabkan wahana antariksa yang mereka tumpangi mengalami kerusakan, meninggalkan mereka berdua yang bergerak-gerak di ruang hampa yang gelap.

Film ini berhasil menampilkan CGI yang luar biasa dan menarik secara visual. Performa Bullock ketika memainkan perannya yang “terombang-ambing” tak terkendali di luar angkasa makin menarik di film ini.

8. The Martian (2015)

The Martian.

The Martian.

Photo :
  • U-Report

Film tentang luar angkasa lainnya yang menarik yaitu The Martian. Film Garapan Ridley Scott yang di adaptasi dari sebuah novel karya Andy Weir, berjudul sama. Film ini berhasil memenangkan beberapa kategori penghargaan film, diantaranya adalah Academy of Science Fiction, Fantasy, & Horror Film 2016 kategori Best Director dan American Film Institure Awards 2016 kategori Movie of the Year.

Film ini mengisahkan perjuangan seorang astronot sekaligus ahli botani bernama Mark Watney (Matt Damon) untuk mempertahankan hidupnya di Mars. Semula, Mark Watney tidak mengunjungi Mars seorang diri, melainkan bersama beberapa rekan astronot lainnya, yang terpaksa kembali ke Bumi meninggalkan Mark lantaran kedatangan badai besar di planet Mars yang tiba-tiba.

‘The Martian’ merupakan film bertemakan ‘tersesat di luar angkasa’ yang terbaik hingga saat ini, meskipun sebenarnya Mark tidak tersesat sepenuhnya, karena dia mengetahui bahwa dia sedang berada di Mars.

9. 2001: A Space Odyssey

Film 2001: Space Odyssey.

Film 2001: Space Odyssey.

Photo :
  • U-Report

Film ini disutradarai oleh Stanley Kubrick. Film ini dapat dikatakan sebagai film yang paling ambisius yang pernah dibuat. Film science-fiction ini cukup fenomenal di eranya, hingga sempat menorehkan kemenangan di 16 nominasi penghargaan film, salah satu diantaranya adalah penghargaan Oscar tahun 1969 di kategori Best Effects, Special Visual Effects.

Film ini bercerita tentang tim astronot, diantaranya adalah Dr. David Bowman (Keir Dullea) dan Dr. Frank Poole (Gary Lockwood), yang sedang menjalankan misi antariksa dengan bantuan komputer artificial inteligent, HAL.
Misi tersebut bertujuan untuk mencari informasi asal muasal artefak misterius yang ditemukan terkubur di bawah permukaan Bumi dan Bulan.

10. Interstellar (2014)

film interstellar 4

film interstellar 4

Photo :
  • flickr

Rekomendasi film tentang luar angkasa yang terakhir adalah Interstellar. Film ini merupakan film science fiction karya Christoper Nolan, yang dinobatkan sebagai peringkat ke 28 film terbaik sepanjang masa di website IMDb. Selain itu, film ini juga berhasil mendapatkan penghargaan piala Oscar 2015 kategori Best Achievement in Visual Effects.

Film ini tak hanya mengangkat topik perjalanan antariksa, namun juga perjalanan waktu dan alam semesta parallel. Film ‘Interstellar’ merupakan film ambisius yang tak tertandingi, dengan efek visual yang layak dijadikan sebagai standar film perjalanan antariksa.

Itulah sederet film tentang luar angkasa yang wajib kamu tonton. Meskipun sudah tidak tayang di bioskop lagi, kamu masih bisa menikmati film tentang luar angkasa ini di platform streaming online.