5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari yang Baik untuk Tubuh

Minum air putih.
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Minum air putih sejatinya sangat penting untuk banyak proses di dalam tubuh. Salah satunya termasuk mengangkut nutrisi ke sel, mengatur suhu tubuh dan melumasi sendi. Jika kita minum air di pagi hari ternyata itu bisa memberi beberapa manfaat kesehatan terkait peningkatan konsumsi air.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Saat bangun tidur di pagi hari apa yang biasanya kamu lakukan? Apakah minum air menjadi salah satunya? Sangat disarankan bagi kita untuk minum air di pagi hari karena bermanfaat bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaatnya? Mengutip dari Medical News Today, berikut ini 5 manfaat minum air di pagi hari. 

1. Untuk menurunkan berat badan

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Manfaat minum air di pagi hari yang pertama yakni diyakini berpengaruh pada penurunan berat badan. Beberapa orang percaya bahwa minum air di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Misalnya seperti studi tahun 2019 yang menemukan bahwa asupan cairan yang lebih tinggi memiliki hubungan dengan peningkatan komposisi tubuh pada orang dewasa muda. 

Sebelum makan utama, termasuk sarapan

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa orang dewasa paruh baya dan lebih tua kehilangan lebih banyak berat badan ketika mereka minum 500 mililiter (ml) air sebelum makan selama 12 minggu.

Sebagian para peneliti mengaitkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Ini berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sebelum makan.

2. Untuk kinerja mental

Tahukah kamu bahwa air ternyata dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental? Bahkan menurut sebuah studi tahun 2016, dehidrasi ringan dapat memiliki efek buruk pada kognisi. 

Sebuah tinjauan tahun 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi dengan air. Namun, para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik.

Selain itu, peserta dalam penelitian ini juga meminum air sepanjang hari. Sehingga menunjukkan bahwa hidrasi sepanjang hari mungkin diperlukan untuk kinerja mental yang lebih baik daripada hanya minum air di pagi hari saja. 

Sementara studi tahun 2019 yang dilakukan pada mahasiswa laki-laki menemukan bahwa dehidrasi memiliki efek negatif pada memori dan perhatian jangka pendek. Memori dan perhatian jangka pendek meningkat setelah para peserta kembali terhidrasi.

Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan kinerja mentalnya, khususnya di pagi hari, maka minum air putih menjadi sangat penting untuk dilakukan dan sangat membantu.

3. Meningkatkan suasana hati

Manfaat minum air di pagi hari selanjutnya adalah dapat meningkatkan suasana hati kita. Minum air juga dapat memiliki efek positif pada suasana hati seseorang. Dalam sebuah studi tahun 2014 ditemukan bahwa suasana hati seseorang menjadi lebih baik saat meningkatkan asupan air mereka. 

Penelitian yang sama menemukan bahwa ketika seseorang mengurangi asupan air mereka, maka mereka bisa mengalami lebih banyak rasa haus, penurunan kepuasan dan pengurangan ketenangan serta emosi positif.

Sementara sebuah studi tahun 2019 juga menemukan bahwa dehidrasi memengaruhi suasana hati secara negatif. Sedangkan rehidrasi meningkatkan suasana hati dan gejala kelelahan.

4. Untuk kesehatan kulit

Salah satu cara menjaga kesehatan kulit dapat dibantu dengan hanya meminum air, apalagi saat di pagi hari. Beberapa orang percaya bahwa peningkatan asupan cairan dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Kulit sendiri mengandung sekitar 30% air yang membantu kulit tetap kencang, meningkatkan elastisitas dan ketahanannya.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa peningkatan asupan air mungkin memiliki efek positif pada fisiologi kulit yang berarti kulit menjadi lebih terhidrasi. Sementara pada tinjauan tahun 2018 menemukan bahwa meningkatkan asupan air dapat meningkatkan hidrasi lapisan luar kulit. Namun, para peneliti mencatat bahwa tidak jelas apakah ini akan bermanfaat bagi orang dewasa yang lebih tua.

Namun, bahkan hidrasi kulit yang cukup mungkin tidak cukup untuk mencegah kerutan atau mengimbangi efek matahari, genetika, atau lingkungan. Oleh karena itu, minumlah di pagi hari dah bahkan air sepanjang hari agar dapat membantu kulit terhidrasi. 

5. Untuk fungsi tubuh lainnya

Manfaat minum air di pagi hari yang terakhir adalah dapat berfungsi untuk proses di dalam tubuh. Minum air dan asupan air yang cukup juga penting untuk berbagai fungsi di dalam tubuh. Berikut ini fungsi air untuk tubuh: 

  • Ginjal: Dapat membantu ginjal membuang air limbah dari tubuh.
  • Saluran kemih: Dapat mencegah urolitiasis, yang terjadi ketika batu ada di saluran kemih.
  • Sistem kardiovaskular: Untuk fungsi sistem kardiovaskular yang tepat. Dehidrasi dan asupan air yang tidak memadai secara negatif mempengaruhi regulasi tekanan darah dan fungsi pembuluh darah.
  • Sendi dan tulang: Dapat membantu meredakan nyeri sendi karena air adalah komponen cairan pelumas di sekitar sendi. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya