XL Axiata Promosi Sispreneur untuk UKM Perempuan

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif XL Axiata, Dian Siswarini (tengah).
Direktur Utama dan Kepala Eksekutif XL Axiata, Dian Siswarini (tengah).
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

VIVA – Operator telekomunikasi XL Axiata mempromosikan Sispreneur yang bertujuan membantu usaha kecil dan menengah (UKM) perempuan agar mampu memberikan kontribusi bagi ekonomi keluarga dan nasional.

"Kami berkomitmen untuk terus mendampingi pengusaha mikro perempuan melalui Sispreneur yang dalam kegiatannya berkolaborasi dengan pemerintah," kata Direktur Utama dan Kepala Eksekutif XL Axiata Dian Siswarini di Yogyakarta, Rabu malam, 18 Mei 2022.

Dian, yang juga menjabat Co-chair W20 Indonesia, mengatakan Sispreneur dibangun atas sinergi antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak/PPPA dengan XL Axiata.

Program pelatihan online tentang kewirausahaan diharapkan bisa menjadi solusi dari munculnya tantangan-tantangan baru, khususnya yang harus para perempuan hadapi sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

Salah satu alasan perlunya perempuan mendapat bantuan karena potensi dan perannya sangat besar dalam sektor ekonomi sebagai pelaku usaha.

Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar di Indonesia pada 2014-2018, dari total usaha yang berjumlah 64 juta unit usaha, sebanyak 99,99 persennya merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sementara berdasarkan survei dari Bank Dunia lebih dari 50 persen usaha mikro dan kecil dimiliki oleh perempuan. Dian menyebut pengusaha UKM perempuan merupakan pihak yang paling terdampak secara ekonomi dan sosial selama masa pandemi COVID-19.