10 Tanaman Paling Aneh di Dunia

White Baneberry
Sumber :

VIVA – Bumi adalah rumah bagi lebih dari 298.000 spesies tumbuhan. Kelompok yang beragam itu menyeimbangkan alam dan kehidupan di Bumi. Beberapa tanaman menghasilkan bunga yang harum dan menyenangkan, beberapa menghasilkan buah yang kaya nutrisi, beberapa memiliki khasiat obat dan beberapa memiliki penampilan yang benar-benar aneh. Melansir dari The Mysterious World, berikut ini adalah 10 tanaman paling aneh di dunia.

Survey: 81 Persen Warga AS Punya Pandangan Negatif Terhadap China

10. White Baneberry


Actaea pachypoda atau baneberry adalah tanaman jenis bola kecil asli hutan Amerika Utara. Disebut juga mata boneka karena buahnya yang berbentuk khusus. Tanaman ini tingginya 60 cm dan hanya memiliki sedikit daun. Batangnya yang merah tebal juga terlihat sangat menarik.

Rupiah Dibuka Melemah, Data Inflasi AS Jadi Sorotan

9. Baseball Plant


Hal ini umumnya dikenal sebagai euphorbia obesa asli Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki bentuk yang persis sama dengan bola bisbol. Ini adalah tanaman tidak bercabang dengan tinggi rata-rata 20 cm. Spesies khusus tanaman baseball dilindungi oleh konservasi alam nasional karena sangat langka di dunia.

Manusia dan HP Punya Kesamaan, Ada Spesies Baru

8. Hydnellum Peckii


Hydnellum peckii adalah jenis jamur khusus yang menghasilkan darah atau cairan seperti cairan di permukaannya. Tanaman ini juga dikenal sebagai 'jamur gigi berdarah'. Pigmen Scarlet inilah yang menyebabkan darah seperti warna pada cairan tanaman ini. Tanaman aneh ini terutama ditemukan di Amerika Utara dan Eropa. Itu bisa dimakan, tetapi darah seperti cairan rasanya sangat pahit.

7. Welwitschia Mirabilis


Welwitschia Mirabilis adalah tanaman unik yang hanya ditemukan di gurun Namibia. Perkiraan umur tanaman yang tampak aneh ini adalah antara 500 dan 1500 tahun. Itu bisa bertahan dalam banyak kondisi cuaca ekstrim. Hal yang paling menarik tentang Welwitschia adalah tanaman ini hanya memiliki dua daun yang tumbuh terus menerus dari waktu ke waktu. Spesies aneh ini juga memiliki tanaman jantan dan betina yang terpisah.

6. Lithop


Lithop dapat digambarkan sebagai batu hidup, tanaman yang persis seperti batu atau kerikil. Bahkan, bentuknya yang unik disebabkan oleh penggabungan dua daun terpisah di tepi luar tanaman. Daun tanaman lithop tumbuh di musim hujan. Spesies tanaman yang sangat aneh ini terutama ditemukan di Afrika Selatan.

5. Mimosa Pudica


Mimosa pudica juga dikenal sebagai 'tanaman sensitif' atau 'tanaman pemalu' asli Amerika Selatan. Namun mimosa pudica dapat dilihat di seluruh dunia terutama di daerah yang teduh. Di Indonesia, tanaman ini juga tumbuh di berbagai daerah. Fitur paling menarik dari mimosa pudica tidak lain adalah responsnya terhadap sentuhan. Daunnya langsung terlipat saat disentuh. Sistem saraf primitif dalam tumbuhan ini yang menyeimbangkan aliran air dari bawah daun yang menyebabkan sifat sensitif ini.

4. Bunga Bangkai


Bunga bangkai umumnya dikenal sebagai 'titan arum'. Ini adalah batang utama bercabang terbesar yang menjadi perhatian tanaman berbunga di dunia. Bunga bangkai merupakan bunga endemik Sumatera. Selama berbunga, tanaman berdiri setinggi 8,2 kaki. Tumbuhan ini juga menghasilkan bau hewan yang membusuk.

3. Rafflesia Arnoldii


Rafflesia arnoldii adalah bunga individu terbesar di dunia. Bahkan lebih kecil dari bunga bangkai dengan mempertimbangkan beberapa elemen. Hal ini terutama ditemukan di hutan Sumatera. Rafflesia akan tumbuh hingga ukuran tiga kaki. Seperti bunga bangkai, tanaman menghasilkan bau yang tidak menyenangkan. Rafflesia arnoldii berkelamin tunggal, memiliki sistem reproduksi jantan dan betina.

2. Venus Flytrap


Penangkap lalat Venus juga dikenal sebagai dionaea muscipula adalah tanaman karnivora. Ini berarti tanaman mengkonsumsi serangga kecil dan hewan sebagai makanan. Penangkap lalat Venus dapat ditemukan di Carolia Timur terutama pada penghuni basah. Penangkap lalat Venus memiliki lobus khusus untuk menjebak hewan mangsanya.

1. Tanaman Pitcher


Tanaman kantong semar adalah jenis lain dari tanaman karnivora asli Asia Tenggara. Tanaman ini memiliki warna merah tua yang menarik. Aroma tanaman kantong semar yang menarik membantunya menangkap mangsa dengan mudah. Serangga dan hewan kecil menjadi mangsa utama tanaman kantong semar. Konon beberapa spesies tanaman kantong semar bahkan bisa memakan tikus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya