6 Organisasi Rahasia di Dunia, Bikin Bulu Kuduk Merinding

Lambang Organisasi Freemasonry
Sumber :

VIVA – Ada beberapa nama organisasi rahasia di dunia yang sangat misterius. Perkumpulan tersebut tak jarang menimbulkan pertanyaan karena berkembang sepanjang sejarah.

Mengenal Serba Serbi Tradisi Lebaran Ketupat Hari Ini 17 April 2024: Sejarah Hingga Maknanya

Sebut saja sepertiThe Knights Templar, Freemason, Bavarian Illuminati, Skull and Bones hingga Bilderberg menjadi organisasi rahasia yang diketahui amat misterius. Bahkan tak jarang pula teori konspirasi telah mengelilingi mereka selama berabad-abad.

Aktivitas organisasi rahasia di dunia itu meliputi misteri dan teori konspirasi. Salah satu rumor yang paling terkenal adalah Illuminati menjadi dalang di balik kematian John F Kennedy.

Airlangga Percaya Diri Dipilih Lagi secara Aklamasi di Munas Golkar

Illuminati.

Photo :
  • ancient-origins.net

Berikut 6 organisasi rahasia di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak baik-baik ya!

Diam-diam Ternyata Israel Terima Sumbangan yang Sangat Besar, Ini Dia Sumbernya

1. Illuminati

Illuminati sudah ramah di telinga kita. Organisasi misterius ini didirikan oleh profesor Adam Weishaupt di Bavaria pada tanggal 1 Mei 1776. Weishaupt, yang menentang kekuasaan Gereja Katolik konservatif dan monarki Bavaria, di mana berusaha untuk menyingkirkan agama yang terorganisir demi bentuk baru "pencerahan" melalui akal.

Terinspirasi oleh penyebaran “Pencerahan” di seluruh Eropa, ia juga memanfaatkan ide-ide yang diungkapkan oleh para Yesuit (ordo dalam Geraja Katolik Roma yang dikenal dengan kedisiplinannya) di mana ia merupakan mantan anggotanya, Misteri Tujuh Orang Bijak Memphis, Kabbalah dan freemason.

Dia merekrut banyak orang dari kelompok itu, menyusup ke pondok-pondok masonik dalam usahanya merekrut beberapa orang terkaya dan paling berpengaruh di Eropa. Anggota Illuminati Bavaria, disebut sebagai “Perfeksionis” dan dipecah menjadi tiga tingkatan kekuasaan yang diambil dari elit masyarakat, termasuk bangsawan seperti mantan freemason, Baron von Knigge dan penulis Johann Wolfgang von Goethe.

Komunikasi di organisasi tersebut menggunakan sandi dan setiap anggota diberi nama panggilan klasik. Weishaupt, misalnya, memiliki kode atau nama Spartacus. Organisasi ini cukup berkembang sebelum akhirnya dibubarkan oleh Karl Theodor dari Bavaria.

Theodor mengeluarkan dekrit yang membuat keanggotaan dalam Illuminati dapat dihukum mati pada tahun 1787. Namun kematian Illuminati Bavaria tidak memadamkan gosip tentang kegiatan klandestin mereka, dan teori konspirasi telah menghubungkan kelompok tersebut untuk segala sesuatu mulai dari Revolusi Prancis hingga pembunuhan JFK. Illuminati menjadi inspirasi untuk Angels & Demons karya Dan Brown dan Foucault's Pendulum oleh Umberto Eco.

2. The Order of the Skull and Bones

Pengaruh illuminati pun tersebar hingga ke universitas di Amerika Serikat. Organisasi The Order of Skull and Bones (OSB) pun didirikan mahasiswa-mahasiswa Universitas Yale akibat pengaruh Illuminati, sejak 1832 .

Yale emang selalu jadi ‘pabriknya’ orang penting di Amerika, tapi alumni OSB lah yang biasanya jadi pejabat negara atau pemimpin perusahaan besar. Karena itu, orang sering menganggap alumni OSB bekerja atas kepentingan Illuminati.

3. Freemason

Freemason merupakan salah satu organisasi rahasia yang tampak besar dalam sejarah Amerika. Apalagi, 13 dari 39 orang yang menandatangani Konstitusi AS adalah seorang Mason. Founding Fathers atau Bapak Pendiri Negara, seperti George Washington, James Monroe, Benjamin Franklin, John Hancock dan Paul Revere semuanya menganggap diri mereka sebagai anggota ordo persaudaraan. Tapi siapa freemason itu?

Freemason muncul pada Abad Pertengahan di Eropa. Mereka mengidentifikasikan satu sama lain melalui tanda-tanda yang berupa simbol Freemasonry, yang di dalamnya termasuk kotak pembangunan dan Kompas.

Referensi awal berdirinya Freemason ini ada pada manuskrip masonik, Regius Poem atau Halliwell Manuscript, yang diterbitkan pada 1390. Tetapi sebagai organisasi rahasia yang umum, Freemason diketahui berdiri pada tahun 1717, yang dengan cepat menyebar ke seluruh Eropa dan ke koloni-koloni Amerika.

Freemasonry bukanlah sebuah agama, meskipun para anggota didorong untuk percaya pada Makhluk Tertinggi atau "Arsitek Agung Alam Semesta." Kuil Masonik dan ritual rahasia mereka membawa ke dalam konflik dengan Gereja Katolik.

Gereja pertama kali mengutuk freemason pada tahun 1738 dan telah mengeluarkan sekitar 20 dekrit terhadap mereka. Pada tahun 1985, Uskup Katolik Roma menyatakan kembali menyatakan pembatasan ini dalam menghadapi peningkatan jumlah umat Katolik yang bergabung dengan ordo tersebut.

Gereja bukanlah satu-satunya musuh bagi Freemanson, kepercayaan dan ajaran mereka bahkan menggelisahkan orang Amerika lainnya yang akhirnya memunculkan partai baru Amerika yang bernama Partai Anti-Masonik. Ritual seputar menjadi freemason diselimuti kerahasiaan, tetapi kini kita bisa melihatnya karena telah memasuki imajinasi publik di film dan TV dan bahkan diparodikan dalam salah satu episode "The Simpsons".

Keanggotaan Freemanson juga terbuka untuk semua pria yang berusia di atas 21 tahun, dan wanita dapat bergabung dengan grup terkait yang dikenal sebagai “The Order of the Eastern Star.” Sedangkan simbol Freemason sendiri dikenal dengan nama "The Square and Compasses."

Sudut kanan persegi pembangun dihubungkan dengan Kompas atau jangkar, dan terdapat huruf “G” di jantung simbol, yang yang menurut beberapa ahli di Massachusetts Institute of Technology, berarti geometri, sementara ahli lainnya menafsirkan "G" sebagai wakil Tuhan, "Arsitek Agung Alam Semesta." Simbol lain dari Freemanson adalah “All-Seeing Eye”. Namun banyak perdebatan mengenai hal ini, karena banyak yang juga menggunakannya. Tapi, menurut Memorial Nasional Masonik George Washington, "All-Seeing Eye" adalah simbol masonik dari "kehati-hatian Arsitek Tertinggi" yang mulai muncul dalam literatur Masonik tercetak pada pertengahan 1700-an.

4. Bilderberg

Organisasi ini dibuat ketika dunia udah memasuki masa modern, lebih tepatnya sekitar 1954. Anggota awalnya adalah Ben Bernanke yang merupakan keluarga kerajaan Spanyol dan Belanda, pejabat-pejabat World Bank, dan perwakilan perusahaan besar di dunia.

Mereka biasa bertemu setahun sekali sambil mengadakan seminar. Yang diomongin macem-macem gaes, misalnya aja soal perekonomian internasional, politik, ataupun pengaruh Amerika Serikat di dunia. Satu peraturan utama di kelompok itu adalah informasi apapun yang didapat waktu seminar tidak boleh disebarluaskan ke pihak manapun.

5. Klu Klux Klan

Satu lagi organisasi tertutup yang dibuat dan berhasil meneror Amerika Serikat. Klu Klux Klan (KKK) merupakan organisasi khusus kulit putih yang hobinya adalah membunuh warga kulit hitam Amerika Serikat.

Gerakan KKK pertama terjadi sekitar tahun 1865-1870. Gerakan kedua dan terbesarnya terjadi sekitar tahun 1915-1944. Beberapa peristiwa kekerasan terhadap kulit hitam di AS pun menunjukkan kalo pengaruh KKK masih aktif hingga sekarang

6. The Knights Templar

The Knights Templar adalah prajurit yang didedikasikan untuk melindungi para peziarah Kristen ke Tanah Suci selama Perang Salib. Ordo militer ini didirikan sekitar tahun 1118 ketika Hugues de Payens, seorang ksatria Prancis, dengan nama Poor Fellow-Soldiers of Christ and the Temple of Solomon, atau yang disingkat menjadi The Knights Templar (Ksatria Templar). Berkantor pusat di Temple Mount di Yerusalem, para anggota dari The Knights Templar berjanji untuk menjalani kehidupan yang suci, patuh, sangat sederhana, menghindari perjudian, alkohol, dan bahkan sumpah serapah.

Tak hanya dikenal dari kecakapan militer dan gaya hidup moralnya, mereka juga menjadi salah satu kekuatan paling kaya dan kuat di Eropa setelah mendirikan bank yang memungkinkan peziarah menyimpan uang di negara asal mereka dan menariknya di Tanah Suci. Pengaruh mereka juga mulai membesar dan menanjak ke level tertinggi baru pada tahun 1139, ketika Paus Innosensius II mengeluarkan Bulla Kepausan yang membebaskan mereka dari membayar pajak dan menetapkan bahwa satu-satunya otoritas yang harus mereka tanggung adalah Paus.

Di puncak kekuasaan mereka, The Knights Templar memiliki pulau Siprus, armada kapal dan meminjamkan uang kepada raja. Tetapi tidak semua raja adalah pelanggan yang senang. Ketika Perang Salib berakhir setelah jatuhnya Acre, The Knights Templar mundur ke Paris, di mana mereka fokus pada usaha perbankan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya