Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Telur Paskah
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle  – Hari Paskah adalah salah satu hari keagamaan yang dirayakan oleh seluruh umat Kristen Protestan dan Katolik. Di negara kita, Hari Paskah juga dinamakan sebagai Hari Kenaikan Yesus Kristus dan Hari Kebangkitan Isa Almasih yang dirayakan setiap tahunnya.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hari Paskah digelar sejak hari Minggu pertama sesudah bulan purnama pertama pada atau sesudah titik bulan semi. Dilansir dari Britannica, Paskah berasal dari bahasa latin Pascha dan bahasa Yunani Pascha yang memiliki arti perayaan utama gereja Kristen, yang merayakan Kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga setelah Penyaliban-Nya. Perayaan Paskah yang tercatat paling awal berasal dari abad ke-2, meskipun peringatan Kebangkitan Yesus mungkin terjadi lebih awal.

Telur Paskah

Photo :
  • Foodbeast.com
Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Hari Paskah seringkali dikaitkan dengan telur. Tradisi menggunakan telur dalam perayaan Paskah memiliki akar yang cukup dalam dan berasal dari berbagai budaya dan kepercayaan sebelumnya. 

Berikut adalah alasan mengapa telur menjadi simbol yang identik dengan Paskah :

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Dilansir dari Britannica pada Jumat 29 Maret 2024, bagi umat Kristen, Paskah adalah hari raya yang sangat penting. Paskah adalah perayaan yang merayakan kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga setelah penyaliban-Nya.

Meskipun demikian, telur masih sering dikaitkan dengan perayaan Paskah. Digunakan secara luas pada zaman pramodern dan pra-Kristen, telur dianggap sebagai simbol kesuburan dan pemulihan.

Orang-orang pagan di Eropa menganggap telur sebagai simbol regenerasi yang datang pada musim semi. Istilah ini pertama kali digunakan oleh umat Kristen untuk menggambarkan kehidupan baru yang dijalani oleh pengikut Kristus yang setia.

Telur juga dianggap sebagai simbol kebangkitan. Telur melambangkan kehidupan baru yang muncul dari cangkang, seperti halnya Yesus yang bangkit dari kubur. Telur dicat merah dalam tradisi Ortodoks untuk menggambarkan darah yang ditumpahkan Yesus di kayu salib.

Telur Paskah

Photo :
  • www.southernmamas.com

Meskipun alasan-alasan ini mungkin memberikan pemahaman tentang hubungan telur dengan Paskah, penting untuk diingat bahwa simbolisme ini bervariasi di seluruh dunia dan dalam berbagai tradisi Kristen. Sebagian besar umat Kristen melihat telur Paskah sebagai simbol kehidupan baru dalam iman mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya