6 Tips Memilih Laptop Bagi Kamu yang Hobi Nonton Film

Ilustrasi menonton video streaming.
Sumber :
  • MakeUseOf

VIVA Sainstek – Ketika kamu ingin menonton film di laptop, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pada kali ini akan diberikan tips memilih laptop nonton. Pertama-tama, ukuran layar setidaknya harus 13 inci agar memiliki kerapatan piksel yang cukup tinggi untuk menonton film tanpa pikselasi atau tepi bergerigi.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Selanjutnya, laptop harus memiliki sistem suara yang bagus dan speaker yang kuat karena dapat menunjang film yang kita tonton. Terakhir, ukuran dan beratnya harus ringan dan ringkas sehingga kamu dapat membawanya ke mana pun. 

Sebelum membeli laptop untuk menonton film, sebaiknya periksa dulu Prosesor laptop tersebut karena Prosesor sangat penting untuk sebuah laptop yang akan digunakan untuk menonton film dan hal-hal multimedia. Kamu tidak memerlukan CPU yang paling kuat, tetapi pastikan memiliki setidaknya Prosesor seri Intel Core I atau Prosesor AMD A-series. Mengutip dari Of Zen and Computing, berikut ini tips memilih laptop nonton bagi kamu yang sangat suka menonton film. 

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

1. GPU

Chip GPU Nvidia

Photo :
  • freedomlab.org
Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Tips memilih laptop nonton yang penting lainnya adalah Prosesor Grafis. Prosesor Grafis yang baik akan membantu kelancaran pemutaran film dan video. Sebaiknya cari GPU Nvidia GeForce atau AMD Radeon. Kamu juga tidak memerlukan laptop dengan kartu grafis kelas atas, kartu mid-range juga masih akan baik-baik saja.

2. RAM

RAM laptop

Photo :
  • unsplash,com

Kamu tidak membutuhkan banyak RAM untuk menonton film, tetapi pastikan laptop memiliki minimal 8GB. Menonton film dapat menghabiskan sebagian besar RAM. Pastikan laptop baru yang dibeli setidaknya memiliki memori tambahan GB atau lebih. 

3. Storage atau penyimpanan

Ilustrasi Laptop

Photo :
  • VIVAnews/Adri Prastowo

Penting untuk mencari kapasitas penyimpanan yang dimiliki laptop karena menonton film dapat menghabiskan banyak ruang di hard drive. Pastikan kamu membeli setidaknya 500GB hard disk, tetapi jika memungkinkan, gunakan 1TB sehingga kamu memiliki cukup ruang untuk semua file media.

4. Display

Laptop Acer.

Photo :
  • Acer

Display adalah faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan dalam tips memilih laptop nonton. Kamu tidak memerlukan tampilan terbaik di pasaran, tetapi pastikan laptop memiliki setidaknya sudah HD dengan fitur anti-glare sehingga berfungsi dengan baik meskipun berada di bawah sinar matahari yang terang. 

5. Ports

Teknologi Wireless Display

Photo :
  • http://us.toshiba.com

Pastikan laptop yang akan kamu beli memiliki port yang cukup untuk menghubungkan semua perangkat. Minimal, harus memiliki satu port USB dan port HDMI sehingga kamu dapat dengan mudah menghubungkannya ke TV atau layar lainnya. Port juga penting untuk menghubungkan laptop ke hard drive eksternal atau stik USB untuk menyimpan film.

5. Konektivitas

Ilustrasi menggunakan internet di laptop.

Photo :
  • Freepik

Tips memilih laptop nonton selanjutnya yang harus dicari saat membeli laptop adalah memiliki konektivitas yang baik. Cari teknologi nirkabel AC dan Bluetooth terbaru dan pastikan laptop baru yang akan kamu beli memiliki keduanya.

Pastikan laptop memiliki koneksi Wi-Fi dan kemampuan Bluetooth yang baik sehingga kamu dapat dengan mudah terhubung ke internet dan perangkat lain tanpa masalah.

6. Daya tahan baterai

Ilustrasi baterai

Photo :
  • http://freevectorsb.wordpress.com

Saat menonton film, kamu tentu tidak ingin baterai laptop tiba-tiba mati. Pastikan komputer yang kamu beli memiliki daya tahan baterai yang baik dan tahan lama. Cari laptop dengan setidaknya baterai enam sel sehingga kamu dapat menonton film untuk waktu yang lebih lama tanpa harus mencoloknya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya