Ada 'Tangan' Generasi Z di Gelaran DEWG

Menkominfo Johnny G Plate bersama generasi Z di gelaran DEWG.
Sumber :
  • Dok. Kominfo

VIVA – Ada yang menarik dari gelaran Pertemuan Ketiga Digital Economy Working Group (DEWG) di mana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melibatkan generasi Z sebagai liaison officer (LO) atau narahubung para delegasi.

Indonesia Vs Uzbekistan, Diskominfo Ajak Warga Jambi Nobar di Gubernuran

"Ini salah satu wujud konkret bahwa pertemuan G20 memiliki prioritas isu-isu digital economy working group untuk generasi masa kini dan masa depan Indonesia," kata Menkominfo Johnny G Plate, Jumat, 22 Juli 2022.

Secara simbolik pemerintah melibatkan generasi Z, di mana terdapat 3 sekolah menengah atas (SMA) di wilayah Manggarai, Labuan Bajo, dan Ruteng – semuanya dari Nusa Tenggara Timur – yang siswa-siswinya mengambil bagian dalam kegiatan penyelenggaraan DEWG.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

"Untuk membangun kesadaran mereka dan menghubungkan mereka dengan dunia digital agar mereka tahu. Saya kira ini merupakan pengalaman yang bagus bagi mereka, dari sekian banyak putra-putri Indonesia generasi muda bangsa," jelas Menkominfo.

Jumlah liaison officer dari generasi Z ini sekitar 20 orang. Mereka mendapat kesempatan yang luar biasa karena mengambil bagian dalam event akbar ini.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

"Digital native kita sangat besar jumlahnya. Karena itu, kita harus fokus untuk membangun ruang digital dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) digital, khususnya milenial dan generasi Z," tutur Johnny G Plate.

Pembahasan dalam forum internasional seperti DEWG merupakan upaya untuk menyiapkan tata kelola bagi generasi muda masa depan.

Pembangunan infrastruktur digital, pertemuan G20, pembahasan materi dan prioritas isu-isu digital economy working group adalah untuk generasi kini dan generasi masa depan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya