Facebook Klaim Pendapatannya Menurun

Kepala Eksekutif Meta (Facebook) Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • TechRepublic

VIVA Tekno – Facebook mengaku terjadi penurunan pendapatan tahunan pertamanya di kuartal kedua. Mereka mengumumkan penurunan sekitar 1 persen menjadi US$28,8 miliar (Rp430,7 triliun) dan memperkirakan bahwa pertumbuhan pada kuartal ketiga bisa turun lebih banyak lagi.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Laba keseluruhan untuk perusahaan induknya, Meta, turun 36 persen menjadi US$6,7 miliar (Rp100 triliun). Sementara, Divisi Reality Labs yang bertanggung jawab untuk membangun mimpi metaverse Mark Zuckerberg terpaksa harus kehilangan US$2,8 miliar (Rp41,8 triliun) pada kuartal tersebut.

Sementara penurunan pertama dalam pertumbuhan pendapatan, itu memperkuat betapa tertantangnya bisnis Meta di semua lini.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

"Ini adalah periode yang menuntut lebih banyak intensitas, dan saya berharap kita bisa menyelesaikan lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit," kata Zuckerberg seperti dikutip dari situs The Verge, Kamis, 28 Juli 2022.

Permintaan "Minta aplikasi untuk tidak melacak" Apple di iPhone telah membuat iklannya jauh lebih tidak efektif, merugikan Meta US$10 miliar (Rp149,5 triliun) dalam pendapatan iklan tahun lalu saja, dan sekarang ekonomi yang melambat dengan cepat telah menyebabkan pengiklan menarik kembali pengeluaran mereka.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Sementara itu, dalam upayanya untuk bersaing dengan TikTok, Meta telah merancang ulang Facebook dan Instagram untuk menekankan pada video pendek dan unggahan yang direkomendasikan sistemnya kepada orang-orang.

Lebih dalam, Zuckerberg mengatakan bahwa persentase konten yang dilihat orang di Facebook dan Instagram yang berasal dari akun yang tidak mereka ikuti akan lebih dari dua kali lipat tahun depan.

Meskipun pendapatan Meta menurun, ia berhasil meningkatkan pengguna harian Facebook sebesar 3 persen menjadi US$1,97 miliar, membalikkan penurunan pengguna yang mengkhawatirkan beberapa kuartal lalu.

Meta melaporkan bahwa US$2,88 miliar sekarang menggunakan rangkaian aplikasi sosialnya mulai dari Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp setiap harinya meningkat sekitar 4 persen dari tahun lalu.

Selain itu, Zuckerberg juga mengatakan perusahaan telah melihat "tren keterlibatan" yang "lebih kuat dari yang kami perkirakan" di Facebook, sebagian besar berkat peningkatan konsumsi video.

Dia mengatakan bahwa Reels, format video pendek perusahaan yang ditujukan untuk TikTok, menghasilkan uang lebih cepat daripada Stories setelah perusahaan menyalin format itu dari Snapchat beberapa tahun lalu.

Dalam jangka panjang, perusahaan mengharapkan Reels menjadi pendorong pendapatan, tetapi untuk saat ini perusahaan masih memprioritaskan Reels dan tidak menghasilkan banyak uang dari mereka.

“Saya pikir kita akan melewati periode ini sebagai organisasi yang lebih kuat dan lebih disiplin,” tutur Zuckerberg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya