TikTok akan Punya Aplikasi Musik

Logo TikTok.
Sumber :
  • Twitter @TikTok

VIVA Tekno – TikTok dikabarkan akan segera meluncurkan aplikasi streaming musik sendiri. Hal ini ditunjukkan dengan perusahaan induk TikTok, ByteDance Technology, yang saat ini tengah mengajukan aplikasi merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS untuk “TikTok Music” pada Mei lalu.

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Dikabarkan, layanan tersebut akan memungkinkan nantinya pengguna untuk membeli, memutar, berbagi, dan mengunduh musik, mengutip dari situs The Verge, Senin, 1 Agustus 2022.

Selain itu, diperkirakan aplikasi juga akan memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi, dan merekomendasikan daftar putar, mengomentari musik, serta audio dan video streaming langsung.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Adapun, sebagai informasi saja, sebelumnya ByteDance Technology sudah mengajukan merek dagang "TikTok Music" di Australia November lalu.

Saat ini, ByteDance Technology terbilang sudah memiliki pengalaman dengan aplikasi streaming musik. Pada 2020, ByteDance juga telah meluncurkan aplikasi streaming musik, Resso, yang tersedia di India, Brasil, dan Indonesia.

Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika

Melalui aplikasi Resso, ByteDance Technology menghadirkan beberapa fitur yang sama yang dijelaskan akan hadir dalam aplikasi "TikTok Music" nantinya, seperti kemampuan untuk membuat daftar putar, berbagi lagu di media sosial, dan berinteraksi dengan komunitas aplikasi.

Mengingat kekuatan TikTok yang sangat besar, dalam mengembangkan Resso, ByteDance juga turut memanfaatkan TikTok untuk menggiring penggunanya ke Resso. 

Menurut laporan The Information, aplikasi TikTok di Brasil dilengkapi dengan tombol yang dapat mengarahkan pengguna ke Resso sehingga mereka dapat mendengarkan versi lengkap dari lagu yang mereka dengarkan di TikTok.

Melalui langkah ini nampak sebuah upaya dari ByteDance Technology untuk membuat pengguna tetap berada di dalam ekosistemnya.

Selain itu, The Information juga melaporkan bahwa Resso saat ini telah memiliki lebih dari 40 juta pengguna bulanan di seluruh India, Brasil, dan Indonesia pada November 2021. 

Sedangkan, pada awal tahun ini, dilaporkan bahwa pengguna aktif bulanan Resso di India saja tumbuh sebesar 304 persen antara Januari 2021 hingga Januari 2022, berbeda dengan pertumbuhan Spotify yang hanya menyentuh angka sebesar 38 persen di India selama periode waktu yang sama.

Lantaran begitu, masih tidak jelas apakah ByteDance Technology berencana untuk mengembangkan aplikasi streaming musik berdasarkan kerangka kerja yang saat ini diterapkan pada Resso, atau apakah aplikasi tersebut akan menghasilkan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Selayaknya TikTok yang memiliki dampak besar pada cara situs media sosial beroperasi, maka tidak menutup kemungkinan nantinya aplikasi streaming musik yang satu atap dengan TikTok ini juga dapat mengubah industri streaming musik ke depannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya