Putra Mahkota Arab Saudi Berambisi Taklukkan Piramida

Proyek Arab Saudi The Mirror Line.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) telah mengumumkan rencana untuk membangun gedung pencakar langit sepanjang 75 mil atau sekitar 121 kilometer yang diklaim akan lebih megah dari Piramida.

Masjidil Haram dan Nabawi Gunakan Teknologi Canggih Atur Suhu Ruangan Agar Jemaah Haji Nyaman

Proyek senilai US$1 triliun atau Rp15 ribu triliun ini akan menampilkan kota pelabuhan terapung, jalur komuter, resor ski buatan, dan dikemas penuh dengan AI (artificial intelligence) serta robot untuk melayani penduduknya.

Proyek yang dijuluki 'The Mirror Line' ini tampak seperti video game Destiny, dengan struktur kaca berlapis cermin raksasa dan geometri yang tampak mustahil, menurut laman Daily Star, Kamis, 4 Agustus 2022.

12 Konter Fast Track Imigrasi Arab Saudi Siap Layani Keberangkatan Jemaah Haji di Bandara Soetta

MBS mengatakan itu akan terwujud pada 2030 jika konstruksi berjalan sesuai rencana. The Mirror Line akan menjadi bagian dari kompleks kota Neom di gurun besar dan membentang melintasi pegunungan.
Ini akan menampilkan bangunan setinggi 1.600 kaki atau 496 meter yang berjalan paralel satu sama lain di kedua sisi sungai buatan.

Para insinyur mengatakan butuh waktu 50 tahun untuk membangunnya karena akan menampilkan interior rumit yang dipenuhi tanaman, hutan, kereta api, pertanian vertikal bahkan marina kapal yang sepenuhnya ditenagai oleh energi terbarukan.

Di depan Bakal Calon Kepala Daerah, Zulhas: PAN Tak Pernah Minta Proyek

Penduduk yang tinggal di sana akan didorong untuk membayar biaya langganan makan tiga kali per hari. Fasilitas ini akan menampung 5 juta orang dan menampilkan stadion olahraga di atas panggung.

Kritikus mengatakan itu akan sangat tinggi sehingga bisa menghentikan burung dan hewan yang bermigrasi karena dinding cermin yang bisa membingungkan mereka.

Seluruh proyek Neom juga telah dikritik karena pelanggaran hak asasi manusia (HAM) karena suku-suku asli secara paksa dipindahkan dari tanah yang sedang dibangun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya