Manusia Bisa Bercocok Tanam di Planet Mars

Planet Mars.
Planet Mars.
Sumber :
  • SciTechDaily

VIVA Tekno – Lanskap Planet Mars disebut-sebut secara teori dapat bercocok tanam dan kemungkinan itu juga turut didukung oleh eksperimen NASA sebagaimana yang ditampilkan dalam film The Martian yang menayangkan perjuangan Matt Damon.

Sehingga, mencari cara untuk membuat kehidupan menjadi berkelanjutan di sana dan mencari cara bagaimana menanam serta mengolah tanaman tentu akan menjadi bagian utama dari itu.

Meskipun begitu, hal itu masih terbilang cukup jauh dari kenyataan. Tidak hanya pasir dan debu yang tidak mengandung bahan organik dan mikroba yang membantu.

Tapi, Planet Mars ini juga penuh dengan garam dan mineral yang membuat tanaman memerlukan perjuangan lebih untuk dapat bertahan hidup.

Sebuah studi baru menunjukkan jalan, yakni tanaman alfalfa, suatu tanaman hijau yang diprediksi mampu bertahan di tanah vulkanik yang keras seperti yang menutupi Mars, dan kemudian sekaligus juga dapat digunakan sebagai pupuk untuk menumbuhkan makanan seperti turnip, lobak, dan selada.

“Kandungan nutrisi yang rendah dari tanah Mars dan salinitas air yang tinggi membuat mereka tidak layak untuk digunakan langsung untuk menyebarkan tanaman pangan di Mars,” kata para peneliti, seperti dikutip dari situs Sciencealert, Minggu, 21 Agustus 2022.

Oleh karena itu, menurut para peneliti, sangat penting untuk mengembangkan strategi untuk meningkatkan kandungan nutrisi di tanah Mars dan untuk menghilangkan garam air asin untuk misi jangka panjang.

Halaman Selanjutnya
img_title