Ada Tanaman Menjerit di Israel

Ilustrasi tanaman.
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA Tekno – Ada tanaman menjerit saat stres di Israel. Suara yang dikeluarkan mirip seperti gelembung di bubble wrap yang meletup.

Mahkamah Internasional Minta Israel Setop Serangan di Rafah, Netanyahu Langsung Gelar Rapat Darurat

Bunyinya memang tidak sama dengan suara jeritan manusia, melainkan bunyi letupan atau bunyi klik pada frekuensi ultrasonik di luar jangkauan pendengaran manusia.

Namun, para peneliti percaya bahwa serangga, mamalia dan tumbuhan lain bisa mendengar jeritan tersebut. Temuan mengejutkan ini diungkap para ilmuwan dari Universitas Tel Aviv di Israel, dalam penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Cell.

Fadli Zon Minta PBB Buat Peringatan Tragedi Genosida di Palestina

"Tampaknya, ladang bunga yang indah bisa menjadi tempat yang agak bising. Hanya saja kita tidak bisa mendengar suaranya," kata Ahli Biologi dan Teori Evolusi Universitas Tel Aviv, Lilach Hadany, seperti dikutip dari situs Science Direct, Selasa, 9 April 2024.

Saat mengalami stres, tanaman mengalami beberapa perubahan dramatis. Salah satunya ditunjukkan lewat aroma yang kuat. Mereka juga dapat mengubah warna dan bentuknya.

Hamas Bilang Kolonel Tentara IDF Masih Hidup, tapi Israel Klaim Sudah Mati

Akan tetapi, Hadany dan timnya ingin mengetahui lebih jauh dari sekadar tanda-tanda yang sudah umum itu. Mereka penasaran, apakah tanaman juga menghasilkan suara ketika mendapat tekanan?

Untuk mengetahuinya, mereka mencatat hasil pengamatan terhadap tanaman tomat dan tembakau, baik dalam kondisi stres maupun tidak.

Mereka menyimpulkan, ada “kesusahan” yang dialami tanaman ketika batangnya dipotong atau mengalami dehidrasi.

Hadany dan para ilmuwan kemudian melatih algoritma pembelajaran mesin untuk membedakan antara suara yang dihasilkan oleh tanaman tanpa tekanan, tanaman yang dipotong, dan tanaman yang mengalami dehidrasi.

Tim tersebut menemukan bahwa suara tanaman yang mengalami gangguan tersebut terlalu tinggi untuk dapat didengar oleh manusia, dan dapat dideteksi dalam radius lebih dari satu meter, menurut Science Alert. Meski begitu, Namun, masih belum jelas bagaimana tanaman menghasilkan suara-suara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya